Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Labschool Jakarta Kirim 29 Siswa ke Malaysia agar Paham Diplomasi

Kompas.com - 17/08/2023, 20:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - SMA Labschool Jakarta mengirimkan delegasi sebanyak 29 siswa-siswi ke Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia , pada 12-15 Agustus 2023.

AYIMUN ke-12 merupakan sebuah konferensi Model Perserikatan Bangsa-Bangsa (Model United Nations/MUN) yang diadakan di Asia.

Baca juga: Cerita 2 Siswa SMA Labschool Cibubur Ikut Jambore Dunia di Korsel

Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro mengatakan, ada 38 negara yang berpartisipasi dalam konferensi ini dengan jumlah peserta 435.

Pesertanya, kata dia, tidak hanya berasal dari Asia saja tetapi juga dari berbagai belahan benua lainnya seperti Amerika serikat, UK, Uganda, Mauritius, Republik Demokrasi Kongo, Mesir bahkan Montenegro, negara yang berada di Eropa Tenggara.

"Konferensi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman simulasi tentang diplomasi, negosiasi, dan diskusi mengenai isu-isu global kepada para peserta dari berbagai negara," kata dia dalam keterangannya, Kamis (17/8/2023).

Dia menyebut, peserta mewakili 6 Dewan (council) yang ada dalam PBB seperti WHO (World Health Organization), INTERPOL (International Criminal Police Organization), UNESCO (Reducing Gender Discrimination and Inequality), IMF (International Monetary Fund) dan UNICEF (United Nations Children's Fund).

Setelah mendapatkan counsil, peserta memainkan peran sebagai delegasi negara-negara anggota atau pemangku kepentingan yang terlibat dalam pekerjaan organisasi tersebut.

Siswa-siswi SMA Labschool Jakarta, sebut dia, juga mewakili Indonesia dalam acara performance culture.

Baca juga: Satu University Milik Binus Sasar Kalangan Menengah dan Bawah

Lalu memperkenalkan tarian tradisonal antara lain tarian piring yang berasal dari Sumatera Barat, tari jaipong dari Jawa Barat, tari gong Dayak berasal dari Kalimantan, tari kipas pakarenda yang berasal dari Sulawesi Selatan, dan tari yang berasal dari Papua.

Pada Awarding session, siswa kelas XIII SMA Labschool Jakarta, Benadhya Fitzy Anugrah meraih Verbal Commendation pada counsil INTERPOL di malam penutupan AYIMUN 2023.

Lanjut dia mengatakan, dengan adanya Konferensi ke-12 AYIMUN ini, memberikan kesempatan untuk siswa-siswi SMA Labschool Jakarta mengkritisi kondisi geopolitik global dan mempromosikan perubahan dalam menghadapi masalah internasional.

Kemudian bisa memainkan peran sebagai diplomat yang berpartisipasi dalam diskusi global, merumuskan resolusi, dan mengembangkan solusi kreatif untuk dalam memghadapi masalah ekonomi global, isu keamanan, hak-hak anak, kesehatan, kesetaraan gender, dan lainnya.

Baca juga: Binus Dirikan Satu University, Biaya Kuliah Rp 6 Juta Per Semester

"Menjadi diplomat muda berinteraksi membangun kerjasama dengan perwakilan dari berbagai belahan negara," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com