Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Studi Banding ke UM Membahas Strategi"World Class University"

Kompas.com - 11/08/2023, 21:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan studi banding (benchmarking) ke Universitas Negeri Malang (UM) pada 10–13 Agustus 2023. UNJ berdiskusi dengan para perwakilan pimpinan UM mengenai strategi pencapaian World Class University (WCU).

Sekretaris UM, I Wayan Dasna mengatakan, perubahan UM menjadi PTNBH tentu diawal terdapat tantangan, namun hal tersebut dapat kita atasi berkat kolaborasi dan keseriusan dalam tata kelola.

Ia menyampaikan, UM terus berkomitmen untuk masuk dalam jajaran universitas di Indonesia dalam kancah internasional, khususnya dalam daftar ranking QS WUR.

"Guna mendukung keberhasilan UM dalam percepatan global competitiveness di QS WUR, beberapa regulasi dan kebijakan UM telah disesuaikan dengan memasukan internasionalisasi dan program strategis terkait QS WUR dan THE sebagai bagian penting," ungkap I Wayan Dasa.

"Semoga UNJ dapat lancar dan sukses dalam mencapai PTNBH dan WCU," harap I Wayan Dasna.

Selain itu juga, Prof. Hadi Nur selaku Kepala UPT Laboratorium Terpadu UM turut memaparkan materi tentang strategi UM mencapai WCU.

Prof. Hadi Nur mengatakan, strategi WCU antara lain memperkuat kemitraan strategis dengan kampus yang sudah WCU di luar negeri, seperti di level Asia, dan memperkuat signal kampus seperti memperkuat website akademik, kurikukulum, teaching seperti contohnya website Harvard University.

"Lalu untuk WCU mau ikut model Singapura dengan konsep nation building, atau Australia dengan komersialisasi, dan Jerman serta Jepang yang berkonsep soft power," ungkap Prof. Hadi Nur.

Pada kesempatan ini Prof. Komarudin mengatakan, UNJ selain akan menuju PTNBH juga berkomitmen untuk menjadikan UNJ sebagai WCU.

"Oleh karena itu kita selain menyiapkan diri juga perlu belajar dari kampus–kampus yang memang jadi best practice WCU, salah satunya UM. Apalagi UM ini merupakan kampus eks-IKIP yang tentu memiliki kesamaan dengan UNJ," ungkap Prof. Komarudin.

Baca juga: PNM Fasilitasi Studi Banding untuk Kembangkan Kapasitas Usaha Nasabah

"Terima kasih kepada para pimpinan UM yang sudah mau berbagi pengalaman tentang strategi pencapaian WCU. Hal ini sangat berguna bagi UNJ sebagai langkah menuju WCU," ujar Prof. Komarudin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com