Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMJ Resmi Wisuda 1.494 Mahasiswa dari Berbagai Program Studi

Kompas.com - 20/06/2023, 13:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 1.494 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi dinyatakan lulus dalam prosesi Wisuda Program Doktor ke-8, Magister ke-46, Spesialis ke-4, Sarjana ke-77 dan Diploma Tiga periode semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Prosesi wisuda tersebut dilaksanakan secara luring di Nusantara Hall ICE BSD Tangerang, pada Senin (19/06/2023).

Sesi pertama wisuda dilaksanakan pukul 08.00 WIB untuk Sekolah Pascasarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk (FISIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Agama Islam (FAI).

Sesi kedua dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB untuk Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (FTan), Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Gelaran acara prosesi wisuda sesi pertama dibuka Ketua Senat Akademik UMJ Prof. Masyitoh Chusnan disaksikan Rektor UMJ Ma'mun Murod, Warek I Muhammad Hadi, Warek II Mutmainah, Warek III Rini Fatma Kartika, Warek IV Septa Candra.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Haedar Nashir memberikan ucapan selamat kepada wisudawan yang disebutnya sebagai pilar perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas untuk mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional .

"Semoga para lulusan UMJ tahun akademik 2022/2023 menjadi insan yang berilmu dan cerdas sehingga mampu menguasai IPTEK di era modern abad 21. Dengan segala profesionalitas kita mampu menciptakan SDM yang berkompeten,” harap Prof. Haedar.

Prof. Haedar pun mengungkapkan rasa bangga kepada UMJ yang berkembang pesat di bawah kepemimpinan Ma'mun Murod sehingga menjadi Center of Excelent PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah) di Indonesia serta menjadi kebanggaan persyarikatan di kancah nasional maupun internasional.

Baca juga: Kemendikbud: Tradisi Wisuda TK-SMA Tidak Boleh Beratkan Orangtua

Lulusan jadi agen perubahan

Dalam sambutan, Rektor UMJ, Ma'mun Murod menyampaikan kepada wisudawan saat ini Indonesia membutuhkan orang cerdas secara spiritual dan emosi. Indonesia membutuhkan manusia berintegritas.

"Sebagai bagian dari insan akademis, kami berharap semua wisudawan tidak cepat bangga dengan nilai-nilai kuliah IPK yang tinggi sebagai simbol kecerdasan intelektual. Tetap tebarkan dan bantu dakwah Islam berkemajuan dan moderat wasathiyah di manapun nantinya para wisudawan berkarya/bekerja," ungkap Ma'mun.

Ia juga menekankan pentingnya prinsip keterbukaan dan toleransi agar menjadi semangat sesuai dengan Manhaj Tarjih yang merupakan cerminan dari sikap wasathiyah.

Ketua Badan Pimpinan Harian UMJ, Prof. Abdul Mu'ti yang juga Sekretaris PP Muhammadiyah, menuturkan harapan kepada para wisudawan ke-77 UMJ agar mampu menjadi agen perubahan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Menurut Prof. Mu'ti saat ini kita berada di era distrupsi yang ditandai oleh VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) di mana perubahan terjadi sangat cepat yang disebabkan karena transformasi digital atau teknologi.

"Apapun profesinya, di manapun anda berada, Anda merupakan bagian dari Muhammadiyah untuk membangun dan mencerdasakan sebuah bangsa dan negara. Tidak semua hal yang kita pelajari di perguruan tinggi mempunyai relevansi, di mana sesungguhnya kehidupan adalah bagian dari awal untuk melangkah ke kehidupan nyata," tegasnya Muti.

Turut hadir Ketua DPRD Tangerang Selatan dan Sekretaris DPD Partai Golkar Tangsel, Abdul Rasyid yang memberikan apresiasi atas pencapaian para wisudawan yang akan menjadi titik berangkat untuk hidup di masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com