Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi Ini Jadi Penutup Rangkaian PPSMB UGM 2023

Kompas.com - 06/08/2023, 09:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi menutup rangkaian Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) bertajuk PPSMB Pionir Gadjah Mada 2023, Sabtu (5/8/2023).

Menariknya, salah satu kampus terbaik di Indonesia ini menutup PPSMB dengan pembentukan rangkaian formasi yang telah menjadi salah satu ciri khas gelaran PPSMB dari tahun ke tahun.

Tak hanya itu saja, Presiden RI Joko Widodo turut menyapa para mahasiswa baru UGM melalui tayangan video pada acara penutupan PPSMB UGM 2023 ini.

"Selamat datang di Universitas Gadjah Mada, selamat menjadi mahasiswa baru di Universitas kebanggaan kita semua. Empat puluh tiga tahun yang lalu saya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada, suasananya jauh berbeda dengan sekarang," tutur Presiden Joko Widodo, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara, Ada UI dan UGM

Mahasiswa tak boleh tinggal diam

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi berbicara tentang revolusi industri 4.0 yang telah merombak lanskap ekonomi, lanskap sosial budaya, hingga lanskap politik.

Di tengah kondisi ini, menurutnya mahasiswa tidak boleh tinggal diam dan tertinggal.

"Tidak boleh tergulung gelombang disrupsi, sebaliknya harus bisa berselancar di atas gelombang menjadi pemenang yang percaya diri," jelasnya.

Tak hanya itu saja, presiden juga berpesan agar para mahasiswa UGM dapat menjadi pembelajar yang kreatif dan inovatif, serta adaptif dan pantang menyerah.

"Menjadi mahasiswa di UGM adalah langkah awal, pintu pembuka untuk meniti masa depan. Karena itu persiapkan diri dengan baik, belajarlah dengan disiplin," pesan Jokowi.

Adapun PPSMB 2023 mengusung tema “Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa”.

Rangkaian kegiatan PPSMB terdiri atas PPSMB universitas selama dua hari pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus, dilanjutkan dengan PPSMB Fakultas/Sekolah pada tanggal 2-3 Agustus, kegiatan Soft Skills pada 4-5 Agustus.

Setelah acara penutupan, para mahasiswa baru masih akan mengikuti Action Plan yang akan berlangsung tanggal 7-12 Agustus 2023.

Baca juga: Ini Sosok Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023 dari UGM

Mahasiswa bisa menjadi pemimpin bangsa

Menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si., PPSMB Pionir Gadjah Mada menjadi arena sekaligus proses awal untuk membangun optimisme mahasiswa.

Nama Pionir digunakan, sebagai sebuah harapan untuk menumbuhkan inisiatif di kalangan mahasiswa.

"Para mahasiswa sebagai intelektual bangsa tentu memiliki amanah, dan itu harapan besar agar Anda dididik di UGM untuk kelak menjadi pemimpin bangsa," terangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com