Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sosok Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023 dari UGM

Kompas.com - 29/07/2023, 20:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Mahasiswi Program Sarjana Internasional (IUP) Ilmu Ekonomi UGM, Schalke Anindya Putri, menjadi juara 1 di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2023 kategori sarjana.

Adapun acara puncak Pilmapres 2023 digelar di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, 23-26 Juli 2023.

Schalke yang merupakan mahasiswa UGM angkatan 2020 ini berhasil menyisihkan sebanyak 18 mahasiswa terbaik lainnya dari masing-masing regional di Indonesia.

Ia mengaku bangga bisa meraih juara pertama dalam Pilmapres 2023. Sebelumnya, ia tidak pernah membayangkan bakal menyabet predikat sebagai mahasiswa terbaik dalam ajang bergengsi itu.

Baca juga: Ini yang Dilakukan UGM untuk Mengatasi Persoalan Sampah

"Perasaannya saat diumumkan jadi juara pastinya campur aduk. Senang karena merasakan keberhasilan dari berbagai kesulitan yang saya alami selama persiapan dan selama kuliah, tetapi juga merasa ini adalah sebuah tanggung jawab besar yang harus saya pegang," ujarnya, dikutip dari laman UGM, Jumat (28/7/2023).

Ternyata, ia mengatakan bahwa menjadi mahasiswa berprestasi itu bukan target dia kuliah. Tetapi ia ingin menjalani kuliah dengan rasa ikhlas, juga tetap menunjukkan kinerja terbaiknya.

Adapun sebelum dinobatkan sebagai Mapres Terbaik Nasional, Schalke harus melewati serangkaian seleksi panjang. Yakni dimulai di tingkat fakultas bersaing dengan rekan-rekannya di FEB UGM.

Lalu, ia terpilih menjadi mahasiswa berprestasi 1 FEB yang mewakili fakultas untuk berkompetisi di tingkat universitas. Perjuangan berlanjut di tingkat fakultas ia beradu dengan mahasiswa lain perwakilan 18 fakultas di UGM.

Lantaran kerja kerasnya, ia berhasil menjadi Mapres Terbaik 1 di UGM kategori sarjana dan melaju seleksi wilayah LLDIKTI V. Di tingkat wilayah ini seleksi diikuti sebanyak 22 mahasiswa program sarjana dan 16 mahasiswa program diploma.

Baca juga: Kisah Noni, Anak Tukang yang Kuliah Gratis di UGM

"Dari tingkat wilayah dipilih 3 terbaik di masing-masing kategori untuk maju ke seleksi tingkat nasional yang diikuti kurang lebih 90 mahasiswa dari program sarjana dan diploma," jelas dia.

Sedang di awal seleksi tingkat nasional disaring 19 terbaik program sarjana dan 18 program diploma. Seluruh peserta berkompetisi ketat mempresentasikan gagasan kreatif, melakukan pidato bahas Inggris serta diskusi panel.

Setelah melalui penilaian para dewan juri dari berbagai aspek, Schalke akhirnya dipilih menjadi Mapres Terbaik 2023 Tingkat Nasional.

Ternyata, ia memaparkan gagasan menuju 100 tahun kemerdekaan. Dalam visi Indonesia 2045 bertujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dengan kualitas manusia unggul, kekuatan ekonomi dunia, kesejahteraan rakyat merata, dan tata kelola pemerintahan yang kuat.

Meski begitu, Indonesia masih memiliki tantangan di pasar tenaga kerja dan kualitas pekerja yang ada. Program INSPIRASI bertujuan untuk memperkokoh sistem pendidikan tinggi Indonesia dari segi kurikulum, pengajar, forum industri-dikti, dan portal data.

"Harapannya, Program INSPIRASI dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi agar mencetak generasi emas 2045," harapnya.

Ia juga menyebutkan ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari keikutsertaan dalam kegiatan Pilmapres 2023.

Baca juga: Alumni UGM: Ini Asupan Makanan dan Minuman Bernutrisi Sehat

"Jangan takut untuk menjadi diri yang authentic karena kita semua unik dan spesial di cara kita masing-masing," pesan Schalke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com