Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Irsyad, Mahasiswa Tunanetra UGM Ikut KKN

Kompas.com - 28/07/2023, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Sumber UGM

KOMPAS.com - Mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau KKN, memang berat dan melelahkan. Tetapi hal itu bukan hambatan bagi Muhammad Irsyad, mahasiswa disabilitas tunanetra dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Cerita Irsyad yang merupakan penyandang disabilitas tunanetra selama mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) bisa menjadi contoh buat mahasiswa lain.

Saat ini ia mengikuti KKN PPM di Dusun Bontitan, Desa Sendangagung, Minggir, Sleman pada akhir pekan lalu, Jumat (21/7/2023).

Seperti yang diketahui, KKN merupakan program yang padat aktivitas. Meski banyak aktivitas, Irsyad menceritakan bagaimana mahasiswa tunanetra sepertinya bisa mengikuti KKN.

Baca juga: Cerita Azzara Lulus dari UB IPK 3,97 dan Diterima 2 Perusahaan Jepang

Irsyad merupakan salah satu dari 28 mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN di Dusun Bontitan dari akhir Juni lalu hingga pertengahan Agustus mendatang.

Mahasiswa prodi Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PsDK) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM ini mengaku masih bisa menjalankan aktivitasnya dalam berinteraksi dengan warga masyarakat dengan dibantu oleh rekan tim mahasiswa KKN lainnya.

Tidak jarang ia juga sering diajak berkunjung ke rumah warga atau bersilaturahmi di rumah perangkat desa.

Laki-laki asal Solok Selatan, Sumatera Barat ini mengaku menyusun sendiri proposal program kerjanya, namun dalam tahap pelaksanaan kegiatan ia dibantu oleh rekan mahasiswa lainnya.

Salah satu program kerja yang ia kerjakan adalah sosialisasi pentingnya pemilahan sampah, edukasi soal KIP Kuliah dan disability awareness.

“Saya sendiri yang buat kisi-kisi program kerjanya yang kemudian dibantu oleh rekan sesama timnya untuk disosialisasikan ke lingkungan warga. Saya juga sering diajak jika ada kunjungan ke perangkat desa seperti ketua RT dan pak Dukuh,” kata anak bungsu dari enam bersaudara ini, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Beasiswa D4 dan S1 ke UGM 2023, Bebas UKT Dapat Biaya Hidup

Soal program pengelolaan sampah, Irsyad selalu menekankan pentingnya bagi warga untuk tidak membakar sampah, namun sebaliknya memilah sampah dari yang sampah plastik hingga sampah organik.

“Saya sampaikan dampak negatif jika sering membakar sampah. Sebaiknya dititipkan di bank sampah tidak dibakar, dipisah sampah organik dan non organik,” ungkapnya.

Dia bersyukur rakan-rekan tim mahasiswa KKN banyak mendukungnya dalam menjalankan program bahkan banyak membantunya saat beraktivitas dan melakukan mobilitas.

“Sehari-hari semua saling support, saat sosialisasi ke warga saya selalu diajak dan dilibatkan dalam kegiatan,” tambahnya.

UGM dukung mahasiswa penyandang sisabilitas ikut KKN

Irsyad juga sumringah tatkala menerima rombongan pimpinan Universitas Gadjah Mada yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro, saat meninjau lokasi KKN PPM di Dusun Bontitan, Desa Sendangagung, Minggir, Sleman pada akhir pekan lalu, Jumat (21/7/2023).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com