Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, Ini Pentingnya Hard dan Soft Skills dalam Melamar Kerja

Kompas.com - 04/08/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selesai kuliah atau sekolah dan menjadi lulusan baru (fresh graduate) tentu langkah berikutnya ialah mencari pekerjaan terbaik.

Meski demikian, menjadi lulusan baru dan belum ada pengalaman kerja tentu masih bingung seperti apa langkah yang tepat agar lancar dalam melamar kerja.

Banyaknya pelamar dengan berbagai latar belakang dan pengalaman membuat proses melamar kerja tidak selalu mudah. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk meningkatkan peluang kamu dalam mencari pekerjaan.

Salah satunya adalah dengan memahami dan mengembangkan hard skills dan soft skills yang kamu miliki. Apa itu hard skill dan soft skill? Kenapa keduanya begitu penting dalam melamar kerja?

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/8/2023), Vazrina Putri selaku Digital PR Executive RevoU memberikan penjelasan.

Arti hard skills

Hard skills merujuk pada keterampilan teknis dan spesifik yang terukur dan dapat diajarkan. Biasanya, hard skills diperoleh melalui pendidikan formal, pelatihan khusus, atau pengalaman kerja sebelumnya.

Adapun contoh hard skills meliputi keahlian dalam pemrograman, penggunaan perangkat lunak tertentu, kemampuan bahasa asing, analisis data, akuntansi, hingga keterampilan pengelasan. Hard skills bisa sangat berbeda tergantung pada bidang pekerjaan yang kamu lamar.

"Hard skills membuktikan bahwa kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas pekerjaan secara efektif," ujarnya.

Tentu, kemampuan teknis yang kuat dapat membuatmu menjadi calon yang menarik bagi perusahaan yang sedang mencari karyawan dengan kompetensi khusus.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Sedangkan cara untuk mengembangkan hard skills ialah dengan ikut kursus, pelatihan, atau lakukan proyek pribadi yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu minati.

"Pastikan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan tren terbaru dalam industri yang dituju," imbuhnya.

Arti soft skills

Soft skills merujuk pada keterampilan non-teknis yang terkait dengan kepribadian, sikap, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Meskipun sulit diukur, soft skills kritis untuk kesuksesan di lingkungan kerja.

Untuk contohnya mencakup kemampuan komunikasi yang efektif, kepemimpinan yang baik, kemampuan bekerjasama dalam tim, adaptabilitas, ketekunan, dan kemampuan mengatasi masalah.

Soft skills lebih menggambarkan siapa kamu sebagai individu dan bagaimana kamu berinteraksi dengan rekan kerja dan klien.

Selain itu, soft skills menjadi pertimbangan penting bagi perekrut ketika menilai kesesuaian kandidat dengan budaya perusahaan dan lingkungan kerja. Memiliki soft skills yang baik dapat membantu kamu menonjol di antara para pelamar yang lain.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Pabrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com