Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Labschool Jakarta Beri Pengetahuan Musik untuk Siswa

Kompas.com - 29/07/2023, 20:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - SMA Labschool Jakarta menggelar acara musik klasik Labs Recital 2023 bertajuk "Unfinished Shympony of the Unsung Melody" yang diadakan di Audiorium Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada Sabtu (29/7/2023).

Acara tersebut diselenggarakan oleh OSIS Naracetta Zeverandra SMA Labschool Jakarta.

Setidaknya ada 30 siswa yang turut menampilkan kemampuan terbaiknya. Mereka berasal dari SMA Labschool Jakarta dan SMA sederajat lainnya.

Baca juga: Mau Sekolah di SMA Pradita Dirgantara? Kenali Jalur Masuk dan Syaratnya

Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro mengaku kegiatan ini tak sekedar konser musik.

Kegiatan tahunan ini, kata Suparno, merupakan bentuk kepedulian sekolah memberikan ruang aktualisasi siswa dalam bermusik.

"Tidak banyak sekolah yang bisa memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk mengapresiasi musik klasik," kata Suparno pada acara tersebut.

Menurut Suparno, pergelaran musik ini sudah lama sekali dipertahankan oleh Labschool Jakarta.

Acara ini sebelumnya juga pernah digelar di beberapa tempat, salah satunya di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Selatan.

"Jadi ini kesempatan yang baik buat kita bisa menyaksikan, mengapresiasi dan tentu saja bisa menjadi portofolio buat anak-anak yaang tampil pada kesempatan hari ini," ungkap Suparno.

Suparno memandang seni itu sebagai salah satu jalan untuk membentuk hati sanubari siswa.

Melalui pendekatan ini, dia berharap sekolah mampu membangun watak dan perilaku siswa, mencintai perdamaian, persaudaraan, kasih sayang, toleransi, dan saling menghormati.

Baca juga: Sosiolog UGM: Anak Muda Rentan Terkena Gangguan Kesehatan Mental

"Atas nama sekolah tentu kami menyampaikan apresiasi dan penuh rasa bangga atas karya yang dimainkan oleh para seniman musik klasik anak didik kami," jelas dia.

Latih siswa dalam kelola pertunjukan

Guru Pembimbing Sie Kesenian OSIS Naracetta Zeverandra, Ohen Hendriana menjelaskan kegiatan Labs Recital ini juga bertujuan untuk melatih siswa-siswi mengelola sebuah pertunjukan.

"Alhamdulillah, kami sangat mendukung dan berkomitmen untuk mengangkat musik-musik yang bersifat edukasi," ucap Ohen.

Ketua Pelaksana Labs Recital 2023, Anais Isobel Saryuf menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat modern ini mengenai musik klasik.

"Kita harus melestarikan musik klasik yang telah menjadi bagian dari sejarah dunia agar tidak pudar dari kehidupan," ucap dia.

Penasehat Labshool Jakarta, Arief Rachman mengaku, pada umumnya kecerdasan artistik atau artistic quotient itu paling tinggi dihargai masyarakat. Kecerdasan ini biasanya berhubungan dengan seni, musik, dan tarian.

Baca juga: 25 PTN dan 30 PTS dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

"Bahkan, UNESCO telah menetapkan bahwa negara-negara yang mempedulikan, memerhatikan, memelihara kekuatan-kekuatan musikal itu harus dihargai," tutup Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com