Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng AVIC International, UNJ Siap Bangun Sekolah Vokasi di Cikarang

Kompas.com - 28/07/2023, 16:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjalin kerja sama internasional dengan AVIC International, salah satunya pembangunan sekolah vokasi di lahan UNJ yang berada di Cikarang.

Terkait hal ini, Rektor UNJ Prof. Komarudin didampingi Konsultan PTN-BH UNJ Teguh Trianung Djoko Susanto dan dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Susilo melakukan kunjungan kerja sama ke kantor pusat AVIC International di Beijing, China.

Kunjungan kerjasama yang dilakukan pada 26-30 Juli 2023 ini, Prof. Komarudin beserta tim membahas teknis dan bentuk kerja sama apa yang akan dijalin antara UNJ dengan AVIC International.

Prof. Komarudin menjelaskan, berdasarkan hasil pembahasan antara tim UNJ dengan AVIC International sepakat akan menjalin beberapa bentuk kerja sama yang akan dilakukan, salah satunya pembangunan sekolah vokasi di lahan UNJ yang berada di Cikarang.

"Aset lahan UNJ di Cikarang itu mencapai 80-an hektar, lahan tersebut akan kita maksimalkan untuk menjadi salah satu sumber pemasukan bagi UNJ khususnya saat PTN-BH nanti," ujar Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, "lahan UNJ di Cikarang yang luasnya 8 kali lipat dari Kampus A UNJ di Rawamangun yakni 11-an hektar, nantinya akan dikembangkan berbagai aset potensial yang menambah pendapatan UNJ."

Aset potensial dimaksud yakni sekolah vokasi, pusdiklat, labschool, sport center, convention center, dan edumall.

"Alhamdulillah tahun depan jika tidak ada kendala akan dilakukan proses pembangunan sekolah vokasi di Cikarang yang merupakan tindak lanjut kerja sama pada pertemuan hari ini dengan pihak AVIC International," harap Prof. Komarudin.

"Mohon doanya dari semua pihak agar proses kerjasama ini tidak ada kendala, jadi tahun ini prioritas pada kajian dan administrasi antara UNJ dengan AVIC International diselesaikan, dan tahun depan diharapkan sudah mulai pembangunan fisik," lanjutnya.

Rektor UNJ Prof. Komarudin (batik merah) saat melakukan kunjungan kerja sama ke kantor pusat AVIC International di Beijing, China pada 26-30 Juli 2023 ini.
DOK. UNJ Rektor UNJ Prof. Komarudin (batik merah) saat melakukan kunjungan kerja sama ke kantor pusat AVIC International di Beijing, China pada 26-30 Juli 2023 ini.

Tindak lanjut pertemuan ini, kata Prof. Komarudin, akan dibentuk tim khusus untuk visibility studi, needs assessment dan proses administrasi lain.

Langkah kerjasama internasional terus ditingkatkan UNJ untuk mengembangkan kualitas melalui penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai bagi sivitas akademika UNJ dalam rangka menuju PTN-BH dan reputasi dunia.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: 4 Masalah Tubuh Muncul kalau Malas Olahraga

Selain kunjungan ke kantor pusat AVIC Internasional, Prof. Komarudin beserta tim turut menghadiri upacara Pembukaan Pesta Olahraga Mahasiswa Sedunia (Universiade FISU) di Chengdu, China yang juga dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo dan beberapa Rektor perguruan tinggi di Indonesia pada 28 Juli 2023.

Tidak hanya menghadiri pembukaan Universiade FISU di Chengdu, Prof. Komarudin juga setelah acara akan melakukan diskusi kerjasama dengan Chengdu Sport University, khususnya dalam bidang olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com