Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program PKM Polinef Hadirkan Penerangan Jalan Berbasis Surya

Kompas.com - 28/07/2023, 09:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat menjalankan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Politeknik Negeri Fakfak (Polinef) menghadirkan lampu penerangan jalan berbasis energi surya.

Adapun penerangan jalan tersebut untuk warga Kampung Tanama, Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup dan edukasi warga. Tentu kebutuhan lampu penerangan jalan juga sangat penting bagi warga.

Menurut Ketua RT 05 Kampung Tanama, Saleha Weripih, pihaknya sangat berterima kasih dengan inisiatif dari Polinef dalam menghadirkan lampu jalan bertenaga surya di kampungnya tersebut.

Baca juga: SMKN 5 Kupang Inovasi Gerobak Bakso Berbasis Tenaga Surya

Menurutnya, lampu penerangan jalan merupakan kebutuhan dasar masyarakat untuk dapat beraktivitas di malam hari.

"Kami sudah sangat menanti-nantikan kegiatan ini, khususnya di lingkungan RT 05 Kampung Tanama yang memang sangat minim lampu penerangan jalan. Apalagi jarak antar rumah warga yang satu dengan yang lainnya cukup berjauhan," ujar Saleha dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Rabu (26/7/2023).

Ia mengatakan, berkat lampu penerangan jalan berbasis tenaga surya yang dibuat oleh Polinef dapat memudahkan masyarakat saat harus beraktivitas di malam hari.

Selain itu, Saleha juga menyatakan bahwa kegiatan PKM melalui pemasangan lampu penerangan jalan energi mandiri ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di lingkungan Kampung Tanama. Sebelumnya, lampu penerangan serupa juga telah dibangun atau RT 06.

"Lampu penerangan jalan berbasis tenaga surya ini adalah hal baru bagi masyarakat. Kami benar-benar merasa sangat terbantu, terlebih perangkat yang digunakan adalah lampu penerangan jalan berenergi matahari yang tidak lagi memerlukan sumber listrik dari PLN," terang Saleha.

Sementara itu, Ketua Tim PKM Polinef, Rusliadi, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dedikasi tenaga pendidik pendidikan tinggi vokasi terhadap lingkungan sekitar.

"Sebuah kewajiban dari kami untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, di mana harapan dari terlaksananya kegiatan ini adalah meningkatnya tata nilai dan kualitas hidup masyarakat," jelas Rusli.

Tentu dia berharap bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi melalui Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Berbasis Tenaga Surya ini dapat membantu kegiatan masyarakat di malam hari menjadi lebih optimal.

Selain itu, masyarakat dapat lebih teredukasi tentang pemanfaatan salah satu energi terbarukan yaitu energi matahari.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga melibatkan Yulianto La Elo sebagai tim dari tenaga pendidik Polinef.

Baca juga: Mahasiswa UMM Inovasi Kompor Surya, Siap Dukung Darurat Bencana

Serta sepuluh mahasiswa dari Prodi D3 Teknik Listrik yaitu, Hardiyanto Keliwawa, Mesak Damat, Ridzal Maswatu, Yulan Yulandi Walati, Riva Wahyudi, Muhamad Ali Idi, Muhammadon Mokan, Parlindungan Silitonga, Muhammad Baskar, dan Rafa Alaudin Keliola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com