Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad dan Binus Luncurkan Program Magister Double Degree

Kompas.com - 25/07/2023, 20:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) berkolaborasi dengan Binus University meluncurkan Program Magister Gelar Ganda/Double Degree.

Peluncuran dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti bersama Rektor Binus, University Prof. Harjanto Prabowo di ruang Executive Lounge, Gedung Rektorat Unpad, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Dosen UMM: Ini 10 Cara Mencegah Stroke

Di Unpad, program ini dilaksanakan pada program studi Magister Ekonomi Terapan (FEB), Magister Perikanan (FPIK), dan Magister Konversi Laut (FPIK).

Sementara di Binus University program gelar ganda akan dilaksanakan pada program studi Magister Manajemen Sistem Informatika dan Magister Teknik Informatika.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan, penawaran program gelar ganda ini bukan dengan membuka program studi baru, melainkan peminatan pada program studi yang sudah ada.

"Jadi dari program studi yang sudah ada, peminatannya atau programnya yang coba dikawinkan dengan program studi di Binus University," ucap dia dilansir dari laman Unpad.

Bagi Unpad, program gelar ganda berarti menambah kompetensi dari lulusan program studi yang dikolaborasikan tersebut.

Program ini juga, kata dia, menjadi inovasi yang ditawarkan kepada masyarakat luas yang ingin mengikuti program Double Degree tingkat Magister tanpa harus ke luar negeri.

"Niatan ini pada ujungnya adalah demi membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia, menyongsong masa depan Indonesia yang saya yakin akan menjadi lebih baik," ungkap Rektor Unpad.

Baca juga: Biaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta, Solo, Semarang, Mana Lebih Murah?

Rektor Binus University, Prof. Harjanto Prabowo mengungkapkan, program pendidikan itu ditawarkan untuk menghasilkan kompetensi yang kini sedang diperlukan.

Dia berharap, selain memberikan mahasiswa kompetensi, program ini juga dapat membuka peluang riset dan pengabdian pada masyarakat bersama.

"Semoga ke depan program ini menjadi sesuatu yang bernilai tambah tinggi," harap Prof. Harjanto.

Baca juga: Rekrutmen CPNS Dibuka September 2023, Cek 10 Jurusan Banyak Dicari

Adapun program gelar ganda yang ditawarkan, yaitu Magister Bisnis Digital, Magister Perikanan Bisnis Digital, dan Magister Teknologi Digital Kelautan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com