Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayla Zahara, Siswi Madrasah Raih Penghargaan Tokoh Anak Inspiratif KPAI

Kompas.com - 23/07/2023, 12:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ayla Zahara Nibras, Siswi Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta (MAN 4 Jakarta) mendapat penghargaan sebagai Tokoh Anak Inspiratif dari Komisi Perlindungan Anak (KPAI).

Siswi kelas XI-6 MAN 4 Jakarta ini mendapat penghargaan usai melakukan penelitian yang berjudul Edista: Mental Health Checking for Disability Student in Madrasah yang ditujukan untuk membantu siswa berkebutuhan khusus. Ia melakukan penelitian tersebut bersama rekannya, Naila Anindya.

"Saya dan Naila berusaha melakukan sebuah penelitian untuk membantu siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan akses sosial di lingkungan belajar mereka," ungkap Ayla usai menerima penghargaan di Jakarta, Kamis (20/7/2023), dilansir dari Kemenag.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Alya mengatakan, penyandang disabilitas juga berhak mendapatkan pendidikan sebagaimana anak-anak pada umumnya.

"Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan KPAI kepada saya. Semoga apa yang telah saya lakukan berguna untuk semua, khususnya teman-teman siswa berkebutuhan khusus," ujar Ayla.

Pada Juni 2023, Ayla juga berhasil memenangkan International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) 2023 yang diselenggarakan oleh di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Indonesian Young Scientist Association (IYSA).

Kepala MAN 4 Jakarta Wido Prayoga mengatakan, penyediaan akses bagi anak berkebutuhan khusus merupakan bagian dari kewajiban konstitusional Kemenag akan menyediakan akses pendidikan Islam yang merata bagi semua pihak.

Baca juga: Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

Ia berharap penelitian yang dihasilkan Ayla dapat memberi kontribusi terhadap program madrasah inklusi yang dimiliki Kementerian Agama.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada KPAI yang telah memberikan apresiasi kepada salah satu prestasi siswi kami. Saya sangat berharap akan tumbuh Ayla berikutnya dengan inovasi dan kreasi yang lebih keren dan berguna untuk bangsa," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com