Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen GTK Tunjuk UT Jadi Penyalur Beasiswa PPG dari LPDP

Kompas.com - 15/07/2023, 19:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menjadi satu dari 125 perguruan tinggi penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dan Dalam Jabatan yang menyalurkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bagi mahasiswa PPG.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi meluncurkan beasiswa mahasiswa PPG.

Sebagai informasi, PPG adalah program yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. PPG Prajabatan diperuntukkan bagi calon guru sebelum menjabat dan PPG Dalam Jabatan bagi guru-guru yang sudah berada di dalam sistem.

Penandatanganan kerja sama Ditjen GTK dan 128 perguruan tinggi penyalur beasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan dilaksanakan pada Jumat, 14 Juli 2023 di Denpasar.

Acara penandatangan dokumen kerja sama dihadiri langsung Rektor UT Prof. Ojat Darojat didampingi Dekan FKIP UT Prof. Ucu Rahayu, Wakil Dekan bidang Keuangan, Sumber Daya dan Umum Isti Rokhiyah, dan Kaprodi PPG Andayani.

Penandatangan dokumen ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara Ditjen GTK dengan Universitas Terbuka dalam penyelenggaraan PPG, khususnya dalam konteks Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Melalui kerja sama ini, proses pendidikan dan pelatihan guru di seluruh pelosok Indonesia diharapkan bisa lebih terintegrasi dan berkualitas.

"Dalam era digital ini, UT memiliki peran kunci dalam penyelenggaran Pendidikan Profesi Guru sesuai dengan filosofi UT, 'Menjangkau yang Tidak Terjangkau'," ujar Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat melalui rilis resmi (15/7/2023).

"Dengan penandatanganan kerja sama ini, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak guru yang kompeten dan siap menghadapi tantangan era digital, yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka," tambah Prof. Ojat.

Rektor UT juga berharap dengan diberikannya beasiswa ini maka penyelenggaraan PPG di UT dapat berperan menghasilkan lulusan-lulusan PPG Prajabatan maupun Dalam Jabatan yang berkualitas.

Baca juga: Kemendikbud Buka PPG Prajabatan 2023 untuk Hasilkan Guru Berkualitas

Prof. Ojat menegaskan, UT sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak jauh terbesar di Indonesia memiliki peran penting dalam implementasi kerja sama ini.

"Melalui jaringannya yang luas, UT dapat membantu pemerintah dalam menjangkau guru-guru di daerah-daerah terpencil untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas," tutup Prof. Ojat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com