Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Buka PPG Prajabatan 2023 untuk Hasilkan Guru Berkualitas

Kompas.com - 21/06/2023, 14:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Guna mencetak generasi guru baru yang profesional dan berkualitas, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menghadirkan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG Prajabatan).

Hal ini merupakan langkah progresif dari pemerintah untuk menjawab persediaan dan kebutuhan guru baru di Indonesia di masa mendatang. Guru-guru baru ini yang nantinya akan menggantikan para pendidik yang telah memasuki masa pensiun.

Baca juga: Di Mana Melihat Pengumuman UTBK SNBT 2023? Catat Link dan Jamnya

Data Kemendikbud Ristek menunjukkan ada lebih dari 70.000 guru yang memasuki pensiun pada tahun ini, sehingga menyebabkan kekurangan pendidik jika tidak segera disiapkan pemenuhan dari guru-guru baru

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani menjelaskan, Kemendikbud membuka PPG Prajabatan 2023 untuk mempersiapkan calon-calon guru profesional untuk memenuhi ketercukupan pendidik di Indonesia.

Para calon guru ini diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran yang transformatif di kelas.

Untuk tahun ini, Kemendikbud Ristek membuka 59 ribu kuota. PPG Prajabatan ditujukan bagi mahasisiwa S1 dan D4, baik program studi kependidikan maupun non-kependidikan untuk menjadi guru profesional.

"Program PPG Prajabatan merupakan langkah konkret untuk mencetak guru baru yang menggantikan posisi guru yang telah pensiun. Mahasiswa PPG Prajabatan diyakini akan menjadi generasi guru baru terbaik di Indonesia yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan dalam negeri," kata dia dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Guru SMP Negeri 1 Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Yusfarinasari mengatakan, profesi sebagai guru bisa menjadi inspirasi bahkan masa depan bagi para murid.

Alasannya, tokoh-tokoh hebat di Indonesia memperoleh pembelajaran awal dari seorang guru.

"Jangan ragu untuk mengambil bagian terpenting dalam pendidikan anak bangsa," ujar Yusfarinasari yang sudah mengabdi menjadi guru selama 11 tahun.

Dengan peranan penting dalam membentuk generasi unggul, guru yang profesional sangat diperlukan pada saat ini.

Sebab, dengan profesionalitas tinggi, guru tidak hanya mendidik namun juga dapat menggali potensi murid-muridnya.

Baca juga: 10 Prodi Terketat pada Ajang UTBK SNBT 2023

"Guru yang profesional sangat diperlukan karena guru bukan hanya mengajar melainkan harus dapat mendidik, membimbing, dan melatih kepemimpinan murid sehingga dapat memberikan rasa bahagia, aman, nyaman serta dapat menggali potensi muridnya masing masing," tegas dia.

Oleh karenanya, Yusfarinasari mendukung adanya program untuk mencetak guru-guru profesional baru agar kualitas pendidikan di dalam negeri semakin meningkat. Guru-guru tersebut nantinya bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Guru adalah kunci dalam menentukan kualitas pendidikan, oleh karena itu mereka harus memiliki motivasi yang tinggi untuk mengajar dan keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Dukungan juga disampaikan Ain Sayidani, guru SMK Negeri di Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut Ain, motivasi seorang guru untuk mengajar dan memberikan contoh kepada muridnya dapat menentukan masa depan dari peserta didik.

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Untuk itu, guru yang profesional dan berkualitas yang sangat dibutukan Indonesia.

"Peran guru sangat penting karena menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah bangsa. Karena penerus bangsa ada di tangan seorang guru," jelas Ain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com