Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.826 Peserta Lulus Masuk UGM Jalur UTBK SNBT, Daftar Ulang di Sini

Kompas.com - 21/06/2023, 12:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 2.826 calon mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan lewat jalur UTBK SNBT 2023, dari total pendaftar sebanyak 59.412.

"Selamat kepada adik-adik yang sudah berhasil diterima menjadi calon mahasiswa UGM. Kalian telah bekerja keras untuk bisa memperoleh kesempatan belajar di UGM, tentu kami harap komitmen yang sama bisa kalian tunjukkan selama menjalani studi nantinya," tutur Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro melansir laman UGM, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Di Mana Melihat Pengumuman UTBK SNBT 2023? Catat Link dan Jamnya

Dilihat berdasarkan jumlah pendaftar, program studi yang paling diminati adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Kedokteran Gigi, dan Kehutanan untuk bidang Saintek.

Lalu, Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi untuk bidang sosial humaniora.

Sedangkan berdasarkan perbandingan jumlah pendaftar dan peserta lolos seleksi, program studi paling kompetitif adalah Kedokteran, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Gizi, dan Manajemen Informasi Kesehatan untuk bidang Saintek.

Sedangkan Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Psikologi, Manajemen, dan Pariwisata untuk bidang sosial humaniora.

Dari total calon mahasiswa yang diterima, 533 di antaranya merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau sekitar 18,9 persen.

Hal ini, menurut Wening, menunjukkan inklusivitas UGM bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial ekonomi.

"Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah punya kesempatan yang sama untuk berkuliah di UGM dan memperoleh pendidikan yang terbaik," ucap Wening.

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

UTBK SNBT merupakan satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri.

Jalur seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes skolastik yang mengukur empat hal, yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur UTBK SNBT 2023, maka wajib melakukan registrasi melalui laman simaster.ugm.ac.id selambat-lambatnya pada 30 Juni 2023 dan melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 6-12 Juli 2023.

Baca juga: 20 PTN Penerima Pendaftar Terbanyak di UTBK SNBT 2023

Apabila calon mahasiswa tidak mengikuti kedua tahapan tersebut hingga batas waktu yang ditentukan, ia dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UGM Tahun Akademik 2023/2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com