Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Terima 4.387 Calon Mahasiswa dari Jalur Ujian mandiri 2023

Kompas.com - 13/07/2023, 17:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menerima 4.387 calon mahasiswa melalui jalur seleksi Ujian Mandiri Computer Based Test (UM-CBT) UGM tahun 2023.

Hasil seleksi melalui jalur ini telah dirilis pada Kamis (13/7/2023) pukul 16.00 WIB.

Baca juga: 30 Kampus Swasta dengan Status Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Dari 4.387 calon mahasiswa yang diterima, terdiri dari 3.530 calon mahasiswa Program Sarjana (S1) dan 857 calon mahasiswa Program Sarjana Terapan (DIV).

"Selamat kepada seluruh calon mahasiswa yang telah diterima di UGM melalui jalur UM CBT. Sementara bagi yang belum diterima, tetap semangat untuk terus membangun diri dan bisa mengulang lagi tahun depan atau kuliah di perguruan tinggi lain karena pendidikan tetap harus berjalan," ucap Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro dalam keterangannya.

Prof. Wening menyampaikan lima prodi sarjana bidang Saintek dengan tingkat selektivitas tertinggi, yaitu S1 Kedokteran, S1 Teknologi Informasi, S1 Kedokteran Gigi, S1 Ilmu Komputer, dan S1 Ilmu Komputer.

Pada program Sarjana kelompok Soshum, selektivitas tertinggi ada pada S1 Ilmu Komunikasi, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Manajemen, S1 Ilmu Hubungan Internasional dan S1 Psikologi

Sementara itu, untuk 5 prodi Sarjana Terapan bidang Saintek dengan selektivitas tertinggi meliputi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Sarjana Terapan Pengelolaan Hutan, serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil

Untuk prodi Sarjana Terapan bidang Soshum dengan selektivitas tertinggi, yaitu Sarjana Terapan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti, Sarjana Terapan Akuntasi Sektor Publik, Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata.

Baca juga: Ini 9 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur UM CBT UGM wajib mempersiapkan dokumen yang dipersyaratkan dan memindai menjadi file untuk keperluan registrasi dalam format pdf berukuran 200-800 KB per dokumen.

Selanjutnya melengkapi biodata dan mengunggah dokumen melalui laman simaster.ugm.ac.id mulai tanggal 15 Juli pukul 15.00 WIB hingga 21 Juli 2023 pukul 23.59 WIB.

Kemudian melihat hasil verifikasi dokumen registrasi di akun SIMASTER masing-masing lalu mengikuti rangkaian mulai tanggal 24 Juli pukul 15.00 WIB sampai 27 Juli 2023 pukul 22.00 WIB.

Ujian mandiri dengan sistem Computer Based Test merupakan jalur terakhir dalam penerimaan mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan.

Sebelumnya, UGM juga telah menerima 2.802 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dan 2.826 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Baca juga: Maulana, Siswa SMA Semarang Diterima 21 Kampus Bergengsi Luar Negeri

Informasi lebih lanjut terkait registrasi dapat dilihat melalui laman um.ugm.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com