Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan yang Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

Kompas.com - 10/07/2023, 06:51 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Memilih jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar sangat membantumu mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Di Indonesia, ada beberapa jurusan kuliah baik jenjang S1 maupun D4 yang bisa kamu pilih agar bisa segera bekerja setelah lulus.

Melansir laman Aku Pintar, Minggu (9/7/2023) jurusan yang banyak peluang kerja tetapi tidak begitu dilirik ini bisa dipilih calon mahasiswa yang ingin kuliah pada tahun ajaran 2023/2024.

Lima jurusan kuliah ini dikatakan sedikit peminat karena tiap penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa yang memilih jurusan ini relatif sedikit dibandingkan jurusan populer lainnya.

Berikut jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang bisa kamu pilih. Simak informasi ini sampai selesai ya.

Baca juga: Cara dan Jadwal Daftar Ulang PPDB Jabar 2023 Tahap 2 SMA/SMK

1. Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan Luar Biasa menjadi salah satu jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Pendidikan Luar Biasa (PLB) terhitung sebagai jurusan yang jarang diminati, tetapi memiliki prospek kerja tinggi.

Selama kuliah, mahasiswa PLB belajar bagaimana berkomunikasi dan merancang pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Anak-anak yang berkebutuhan khusus tentu membutuhkan guru-guru dengan keterampilan mengajar yang khusus pula.

Pendidikan Luar Biasa dikatakan punya peluang kerja besar karena saat ini sekolah-sekolah luar biasa (SLB) maupun sekolah inklusi membutuhkan guru-guru dengan keterampilan khusus mengajar anak-anak "istimewa".

Banyak perguruan tinggi negeri yang punya jurusan Pendidikan Luar Biasa. Seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Surabaya, dan universitas-universitas lain.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah di ITS Jalur Mandiri 2023? Ini Rinciannya

2. Pendidikan di bidang Kesenian (Seni Drama, Tari, dan Musik)

Jurusan di bidang kesenian juga masuk dalam daftar jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar.

Jurusan bidang kesenian yang sedikit peminat seperti jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Disebut punya peluang kerja besar karena setiap sekolah pasti membutuhkan guru seni.

Meski tidak mengajar di sekolah, alumni jurusan bidang kesenian bisa mengajar privat atau di lembaga kursus. Tak harus berkarier di bidang pendidikan, dengan ilmu seni yang telah dipelajari kelak kamu bisa menjadi koreografer, komposer, atau bahkan pekerja seni peran.

Sejumlah perguruan tinggi negeri ternama punya jurusan di bidang seni. Selain itu, kamu juga bisa memilih institut kesenian yang tersedia.

3. Filsafat

Filsafat adalah salah satu jurusan jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Mahasiswa Filsafat mempelajari tentang esensi manusia, tujuan kehidupan, moralitas, dan berbagai hal mendasar lain pada manusia.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com