Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Mandiri TMUBK Unesa Masih Dibuka hingga 11 Juli 2023

Kompas.com - 10/07/2023, 12:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) masih membuka penerimaan jalur mandiri. Seperti di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Adapun jalur yang dibuka ialah Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) yang pendaftarannya bakal ditutup pada 11 Juli 2023.

Tentu, jalur mandiri ini menjadi peluang bagus bagi yang ingin kuliah di universitas negeri, sebab kuota penerimaan jalur TMUBK ini sebanyak 3.200 orang.

Menurut Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Dr. Sukarmin, M.Pd., TMUBK ini merupakan salah satu kelompok tes penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri atau SPMB 2023.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa, Tertarik?

Untuk tesnya berbasis komputer dan dilakukan di rumah masing-masing dengan sistem pengawasan yang bisa mendeteksi segala macam indikasi kecurangan.

"Jalur ini punya kelebihan selain kuota tadi juga kemudahan tesnya yang bisa dilakukan di rumah sesuai jadwal yang ditentukan," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Minggu (9/7/2023).

"Tesnya nanti tidak perlu datang ke kampus, tetapi bisa di mana saja asal ada kuota internet dan komputer sebagai perangkat utamanya," jelas Sukarmin.

Ia menjelaskan, jenis tesnya menggunakan acuan UTBK. Dengan kata lain, pejuang masuk universitas dari sekolah dan jurusan apapun, baik itu IPA atau IPS mendapat bobot soal yang sama.

Ada TPA atau tes potensi akademik, literasi dan penalaran. Kelulusan peserta ditentukan oleh nilai tes yang diperoleh.

Baca juga: Cek 7 Kegiatan Mahasiswa di Kampus Selain Kuliah

Bagi yang tertarik ikut tes ini, maka Sukarmin memberikan tips, yakni:

1. Peserta perlu mengukur kemampuan diri

Jika kemampuan tesnya dianggap bagus, maka pilihlah prodi yang diminati. Tapi, jika merasa kemampuan tesnya sedang bisa mengambil prodi yang tidak terlalu kompetitif.

2. Peserta harus mempersiapkan diri dari sekarang

Banyak belajar dan berlatih menjawab soal-soal utamanya yang berkaitan dengan aspek TPA, literasi dan penalaran. Selain itu, perlu mempersiapkan sarana yang dibutuhkan untuk tes seperti komputer termasuk jaringannya.

Unesa juga buka jalur disabilitas

Di jalur mandiri ini, Unesa juga membuka jalur khusus disabilitas yang pendaftarannya dibuka sejak 2-11 Juli 2023.

Tentu jalur ini diperuntukan khusus peserta disabilitas. Dengan kata lain, persaingannya tidak dicampur dengan peserta jalur umum, tetapi bersaing dengan sesama peserta disabilitas.

Peserta jalur ini nanti akan melakukan tes tulis yang skemanya disesuaikan dengan kondisi peserta. Selain itu, juga ada tes wawancara yang akan dilakukan tim yang terdiri dari psikolog, akademisi dan jajaran Direktorat Disabilitas.

"Ini dilakukan untuk memastikan peserta memilih prodi yang pas untuk mereka, sesuai kemampuan dan minatnya," jelas dia.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ringan bagi Mahasiswa yang Sibuk

Jika ada yang tertarik kuliah di Unesa lewat jalur ini, maka informasinya di https://admisi.unesa.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com