Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMP, 5 SMK Ini Tawarkan Kompetensi Keahlian Perhotelan

Kompas.com - 01/07/2023, 09:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu profesi yang menarik ialah bekerja di bidang perhotelan. Tentu ada banyak bagian di suatu hotel.

Mulai dari front office hingga yang berada di dapur sebagai chef atau koki untuk urusan masak memasak.

Bagi yang tertarik untuk bekerja di bidang perhotelan, siswa lulusan SMP/sederajat bisa langsung mengembangkan skill-nya dengan sekolah di SMK yang menawarkan kompetensi keahlian perhotelan.

Tentunya, peluang bekerja di hotel terbuka lebar buat kalian yang memiliki background pendidikan di bidang perhotelan.

Baca juga: Ini yang Dipelajari di SMK Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan

Tak perlu khawatir karena saat ini telah banyak SMK yang menawarkan kompetensi keahlian perhotelan. Berikut ini 5 SMK yang menawarkan Kompetensi Keahlian Perhotelan. Informasi dirangkum dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (28/6/2023).

1. SMKN 1 Takengon

Di Aceh, kamu bisa menemukan kompetensi keahlian perhotelan di SMKN 1 Takengon. Di kompetensi ini kalian tak hanya belajar terkait hotel saja, tetapi juga akan belajar tentang rencana bisnis perhotelan.

SMKN 1 Takengon juga sudah dilengkapi dengan e-dotel juga. E-dotel ini bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk belajar lebih banyak terkait dunia perhotelan yang sesungguhnya.

2. SMKN 1 Buduran

Adapun SMKN 1 Buduran merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan yang berada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. SMK ini memiliki 7 kompetensi keahlian dan salah satunya perhotelan.

Di sini kamu akan belajar pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang melingkupi pekerjaan di front office dan housekeeping.

Nah, di sini juga telah dilengkapi dengan e-dotel yang dijadikan sebagai tempat belajar dan praktik siswa.

Baca juga: 10 Jurusan SMK Miliki Peluang Karir Menjanjikan di Masa Depan

3. SMKN 1 Banyuwangi

Keindahan alam di Banyuwangi yang memanjakan mata menjadikan Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

Tingginya angka wisatawan di Banyuwangi membuat perkembangan industri perhotelan semakin meningkat dan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan juga meningkat pula.

SMKN 1 Banyuwangi adalah salah satu SMK yang ikut menyumbang SDM untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ada dua materi yang menjadi fokus pada kompetensi keahlian ini, yakni resepsionis, front office, dan housekeeping.

Untuk memaksimalkan pembelajaran siswa, SMKN 1 Banyuwangi juga telah dilengkapi dengan e-dotel.

4. SMKN 5 Ambon

Sedang SMK selanjutnya yang menawarkan kompetensi keahlian perhotelan adalah SMKN 5 Ambon. Kompetensi ini menjadi salah satu kompetensi yang paling banyak peminatnya.

Tingginya angka peminat kompetensi ini salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya industri perhotelan di Ambon sehingga peluang kerja yang dibutuhkan pun cukup besar.

5. SMKN 8 Makassar

Di SMKN 8 Makassar, ada banyak fasilitas yang telah disediakan oleh SMKN 8 Makassar untuk menunjang pembelajaran kompetensi ini seperti e-dotel dan tempat laundry.

Selain itu, SMKN 8 Makassar juga sering mendatangkan praktisi internasional untuk berbagi pengalaman ke siswa perhotelan.

Baca juga: 4 Tips Memilih SMK

Jadi itulah beberapa SMK yang menawarkan kompetensi keahlian perhotelan. Info ini bagi siswa yang tertarik bekerja di bidang perhotelan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com