Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UNJ Buka Pendaftaran, Berikut Jadwal dan Besaran Biayanya

Kompas.com - 27/06/2023, 11:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Magister Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (PMMPT) Tahun Akademik 2023/2024.

PMMPT Pascasarjana UNJ merupakan program magister baru yang berfokus pada kependidikan khususnya pada mengembangkan prosedur operasional standar (POS/SOP) dan merancang program pengujian berdasarkan standar internasional (AERA/APA/ NCME).

PMMPT Pascasarjana UNJ juga memiliki pengembangan keilmuan pendidikan sesuai dengan core business UNJ melalui wawasan pendidikan, manajemen kurikulum, penilaian dan pengujian, penganggaran dan pembiayaan, sistem informatika dan manajemen mutu pendidikan tinggi.

Pendekatan PMMPT Pascasarjana UNJ dilakukan dengan interdisipliner atau multidisipliner serta penekanannya pada diversity dalam menganalisis kebijakan manajemen pendidikan tinggi.

Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dedi Purwana melalui rilis resmi (27/6/2023) menyampaikan, PMMPT Pascasarjana UNJ bisa diikuti alumni S1 dari program studi mana pun.

"Namun demikian, mereka yang berasal bukan dari prodi pendidikan akan diarahkan untuk mengikuti matrikulasi," jelas Prof. Dedi Purwana.

Lebih jauh ia menjelaskan, PMMPT Pascasarjana UNJ memiliki keunggulan yang berbeda dari kampus non-LPTK yang lebih fokus kepada kajian manajemen. "PMMPT Pascasarjana UNJ benar–benar berfokus pada kajian manajemen dan kependidikan sesuai dengan core competency yang menjadi identitas UNJ," ungkap Prof. Dedi Purwana.

Kordinator Pusat Kerjasama dan Pengembangan Pascasarjana UNJ Prof. Arita Marini mengatakan, PMMPT Pascasarjana UNJ merupakan satu satu magister manajemen pendidikan tinggi dari seluruh LPTK di Indonesia yang berfokus pada kependidikan, khususnya mengembangkan prosedur operasional standar dan merancang program pengujian berdasarkan standar internasional.

Baca juga: 5 Alasan Studi Pascasarjana Penting Dilakukan Menurut Guru Besar Unpad

 

"Selain itu, PMMPT Pascasarjana UNJ merupakan satu-satunya magister Manajemen Pendidikan Tinggi yang memiliki pengembangan keilmuan pendidikan sesuai dengan core business UNJ melalui wawasan pendidikan, manajemen kurikulum, penilaian dan pengujian, penganggaran dan pembiayaan, sistem informatika dan manajemen mutu pendidikan tinggi dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner serta penekanannya pada diversity dalam menganalisis kebijakan manajemen pendidikan tinggi," jelas Prof. Arita Marini.

Koordinator Program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi Pascasarjana UNJ Prof. Neti Karnati menjelaskan, pengembangan kurikulum PMMPT Pascasarjana UNJ berbasis Outcome Based Education (OBE).

Gelar dan capaian lulusan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com