Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Pertahankan Peringkat 1 Universitas Terbaik Versi THE AUR 2023

Kompas.com - 26/06/2023, 07:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) masih menjadi kampus terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE).

Dalam rilis terbarunya, THE mengumumkan UI menempati peringkat 1 dari 18 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan THE Asia University Rankings 2023.

UI masuk jajaran 251–300 universitas terbaik dari total 669 universitas yang berasal dari 31 wilayah di Asia.

Selain itu, UI bersama National University of Singapore dan Nanyang Technological University masuk peringkat 25 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.

Baca juga: PTS Terbaik di Indonesia 2023 Versi THE WUR, QS WUR dan SIR

Targetkan terbaik di Asia Tenggara

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan apresiasinya kepada semua sivitas akademika UI yang telah berkontribusi dalam upaya internasionalisasi pendidikan.

"UI terus meningkatkan performanya, karena target kami adalah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Untuk mewujudkannya, perlu upaya serius dan dukungan dari seluruh sivitas akademika, semangat berkolaborasi dengan para mitra di level nasional dan global, serta melakukan berbagai terobosan," terang Prof. Ari dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (25/6/2023).

UI juga memperoleh nominasi THE Asia Awards 2023 untuk kategori Workplace of the Year.

Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM), Vishnu Juwono, yang turut hadir pada acara THE Asia Summit di Hong Kong menerangkan, pencapaian UI dengan dua tahun berturut masuk nominasi THE Asia Awards dan mempertahankan posisi nomor 1 di Indonesia untuk THE Asia Rankings, menunjukkan bahwa UI terus-menerus melakukan transformasi untuk tetap dapat bertahan di tengah kompetisi perguruan tinggi tingkat Asia yang semakin ketat ini.

Baca juga: Kuliah Gratis di 7 Negara Paling Bahagia, Ini Daftar Beasiswanya

THE AUR 2023 gunakan 5 indikator utama

THE Asia University Rankings 2023 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, tetapi tetap disesuaikan untuk mencerminkan atribut institusi di Asia.

Lima indikator utama yang dilihat dalam pemeringkatan ini, yaitu Teaching, Research, Citations, International Outlook, dan Industry Income.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, UI mengalami kenaikan skor secara keseluruhan (overall), serta unggul pada indikator Teaching, Citations, dan International Outlook. Untuk indikator Teaching dan International Outlook, UI menjadi yang terbaik dari semua universitas di Indonesia.

Tahun ini merupakan edisi ke-11 pelaksanaan THE Asia University Rankings. Jumlah peserta meningkat jika dibandingkan tahun lalu, yaitu 616 universitas.

Sebanyak 33 negara mengikuti ajang ini, dengan universitas terbanyak berasal dari Jepang sebanyak 117, China sebanyak 95, India sebanyak 75, Iran sebanyak 65, dan Turki sebanyak 61.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Ubaya 2023, Ada USP dan UPP

Dari total 669 universitas yang mengikuti pemeringkatan ini, lima universitas terbaik versi THE Asia University Rankings 2023 secara berturut-turut ditempati oleh Tsinghua University, Peking University, National University of Singapore, University of Hong Kong, dan Nanyang Technological University, Singapore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com