Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Politeknik Ini Jadi Penyelenggara Program Wirausaha Merdeka

Kompas.com - 23/06/2023, 12:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, Kemendibud Ristek kembali meluncurkan Program Wirausaha Merdeka untuk angkatan kedua tahun 2023.

Adapun program Wirausaha Merdeka (WMK) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa akademik dan vokasi di jenjang perguruan tinggi.

Tentu, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar secara intensif tentang kewirausahaan selama satu semester di perguruan tinggi mitra terpilih.

Dalam sambutan pada peluncuran Program Wirausaha Merdeka angkatan yang kedua tahun 2023, Senin (19/6/2023), Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati memberikan penjelasan.

Baca juga: Ditjen Vokasi: Ini Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Menurutnya, ada 8 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV) terpilih sebagai perguruan tinggi pelaksana program tersebut.

Salah satu program dalam Merdeka Belajar ini diharapkan dapat melahirkan ribuan wirausahawan muda yang akan menjadi penggerak pertumbuhan dan kemajuan ekonomi Indonesia.

"Kami berharap perguruan tinggi pelaksana yang sudah terpilih bisa menghadirkan pembelajaran kewirausahaan terbaik dan membantu mahasiswa sebagai talenta-talenta terbaik bangsa agar bisa mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki," terangnya dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Jumat (23/6/2023).

Dikatakan, melalui program WMK para mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan praktik kewirausahaan dengan didampingi oleh praktisi dan ahli wirausaha profesional yang berperan sebagai mentor.

"Pembelajaran dengan praktik langsung ini tentunya sejalan dengan karakteristik pendidikan vokasi yang sangat berbasis terapan," terangnya.

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Anggrek, Info Ditjen Vokasi

Daftar 8 politeknik pelaksana WMK

Untuk 8 PTPPV yang terpilih sebagai pelaksana Wirausaha Merdeka tersebut adalah:

1. Politeknik Negeri Batam

2. Politeknik Kutaraja

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

4. Politeknik Negeri Jember

5. Politeknik Negeri Kupang

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com