Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daftar Jalur Mandiri UB 2023, Bisa buat Gap Year

Kompas.com - 23/06/2023, 08:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) 2023 sampai 1 Juli 2023 ini terbuka bagi siswa gap year. Baik yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 maupun lewat prestasi yang ada. 

Siswa gap year yang bisa mendaftar adalah lulusan 2021 dan 2022. Sehingga, baik lulusan 2023 maupun gap year harus tahu apa saja syarat dan cara daftar jalur mandiri UB atau SMUB 2023 ini.

Cara daftar jalur mandiri UB 2023 ini dibuka bagi yang sudah mengikuti UTBK SNBT 2023, lalu menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sebagai komponen seleksi.

Serta terbuka pula bagi kelas internasional. Para peserta yang sudah mengikuti Seleksi Mandiri UB Jalur Prestasi juga bisa ikut mendaftar.

Baca juga: 20 PTN Paling Diminati di UTBK SNBT 2023, Nomor 1 UB

Calon mahasiswa terutama gap year yang ingin masuk UB bisa tahu apa saja dan cara daftar SMUB 2023. Berikut rinciannya:

Persyaratan jalur mandiri UB 2023

Jalur nilai rapor

Bagi pendaftar SMUB Jalur Nilai Rapor harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021, 2022 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah;
  • Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2023 dari sekolah terakreditasi wajib memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Lulusan Tahun 2023 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya;

Jalur kelas internasional

Bagi peserta yang mendaftar jalur Kelas Internasional memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris, apabila memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS official bisa dilampirkan
  • Hadir secara luring/langsung di Kampus UB untuk mengikuti Tes Bahasa Inggris di Ruang Laboratorium yang akan diumumkan kemudian.
  • Pilihan Program Studi Jalur Kelas Internasional sesuai dengan Link yang tersedia.
  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemdikbud;
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Baca juga: 13 PTN Buka Jalur Mandiri 2023 dengan Nilai UTBK, Catat Jadwalnya

Jalur UTBK

  • Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar SMUB jalur Nilai UTBK 2023 ada syarat lain yaitu terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK 2023.

Pilihan program studi jalur mandiri UB 2023

  • Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA dapat memilih 2 (dua) program studi Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
  • Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada https://selma.ub.ac.id/program-studi-sarjana-dan-diploma-universitas-brawijaya-2023/
  • Program studi yang ditawarkan pada kelas internasional dapat dilihat pada: https://selma.ub.ac.id/program-studi-penyelenggara-kelas-internasional-2023/
  • Apabila jumlah yang diterima di Kelas Internasional tidak memenuhi kuota maka calon mahasiswa akan di alihkan pada Jalur Mandiri Reguler pada program studi yang sama.

Portofolio jurusan seni dan desain grafis

Bagi peserta yang memilih Program Studi Sarjana Seni Rupa Murni dan Design Grafis, Wajib mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
  • Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).

Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2023.

Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.

Daftar unduhan program studi seni dan desain grafis

  • Template portofolio
  • Petunjuk penyusunan dokumen portofolio

Baca juga: Cerita Arsinta, Usia 16 Tahun Lolos UTBK SNBT 2023 di Unair

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com