Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-496 Jakarta, Warek II Uhamka Ajak Masyarakat dan Pemerintah Sinergi Atasi Masalah

Kompas.com - 22/06/2023, 11:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Desvian Bandarsyah turut memberikan perhatian terkait Hari Ulang Tahun DKI Jakarta yang pada hari ini (22/6/2023) memasuki usia ke-496.

"Di usia yang mendekati 5 abad ini, Jakarta telah melewati berbagai peristiwa bersejarah dari masa ke masa. Pada tiga tahun terakhir, Jakarta berhasil menghadapi pandemi Covid-19 yang telah menghantui sejak 2019 lalu," ungkap Desvian Bandarsyah.

Ia menjelaskan, kota terpadat ke-28 di dunia ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, di antaranya adalah banjir dan tingkat pengangguran yang masih tergolong tinggi.

Pada Februari lalu, Badan Statistik DKI Jakarta menemukan angka pengangguran terbuka DKI Jakarta pada tahun 2022 mencapai 410.585 jiwa. "Hal ini tentu patut menjadi perhatian bagi masyarakat dan pemerintah," tegasnya.

Desvian Bandarsyah menjelaskan, tingkat pengangguran dapat diminimalisir dengan mendorong masyarakat memasuki sektor-sektor ekonomi yang menjanjikan lapangan kerja baru.

"Selain itu, lembaga yang bertanggung jawab perlu membuka dan menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dapat mendorong peningkatan keterampilan mereka," ujarnya.

Wakil Rektor II Uhamka ini kemudian menjelaskan, pihaknya turut serta aktif dalam meningkatkan ketrampilan masyarakat dengan menawarkan berbagai program kepada masyarakat Jakarta.

"Berbagai lembaga perlu membuka dan menyelenggarakan pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan masyarakat. Sebagai Perguruan tinggi unggul, Uhamka sering menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, seperti Pengabdian kepada Masyarakat yang sering dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Uhamka,” ujarnya.

Problema lain yang dihadapi masyarakat dan pemerintah provinsi DKI Jakarta adalah masalah banjir yang tak kunjung usai dan cenderung semakin meningkat intensitasnya.

Baca juga: Transjakarta, LRT, dan MRT Terapkan Tarif Rp 1 Saat HUT Jakarta 22 Juni

Setiap tahun, Jakarta menjadi sasaran genangan air, Desvian mengungkapkan bahwa masalah banjir merupakan masalah yang harus dihadapi bersama-sama, mulai dari sektor utama yang besar hingga sektor terkecil.

Menurutnya, masyarakat perlu mengambil peran aktif dalam meminimalisir dan mencegah banjir di Jakarta. Maka, edukasi dini secara terus menerus penting untuk dilakukan kepada masyarakat.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com