Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lestarikan Budaya, UNJ Gelar Festival Pantun dan Pecahkan Rekor Muri 59.000 Pantun

Kompas.com - 14/06/2023, 17:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Festival Pantun “Dari Pantun untuk Dunia” dan Pemecahan Rekor Muri Pantun Terbanyak pada Rabu, 14 Juni 2023 di Aula Latief, Kampus A UNJ, Jakarta.

Festival Pantun dan Pemecahan Rekor Muri Pantun Terbanyak ini merupakan salah satu rangkaian Dies Natalis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ke-59 dan juga dalam upaya pelestarian warisan budaya pantun.

Festival Pantun UNJ ini menghadirkan Menteri Kemenparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Nia Niscaya (Plh. Deputi IV Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf), Kepala Badan Bahasa Kemendikbudristek.

Dari internal UNJ hadir jajaran pimpinan Rektor dan Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, Kepala Biro, Ketua Lembaga. 

Turut mendukung Ketua Umum PGRI, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Direktur Utama PT Jamkrindo, Direktur PT Mandiri Taspen, Komedian Narji Cagur, Dosen, Mahasiswa, Peserta Lomba Festival Pantun dan sivitas akademika UNJ.

Pada sambutannya, Sandiaga Uno menyampaikan selamat atas terselenggaranya Festival Pantun dengan tema “Dari Pantun untuk Dunia” sebagai rangkaian Dies Natalis ke-59 UNJ.

"Pantun merupakan warisan budaya Indonesia yang telah masuk dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage UNESCO. Kemenparekraf sangat mendukung upaya UNJ dalam melestarikan warisan budaya yaitu melalui penyelenggaraan festival pantun sebagai semangat pelestarian pantun," ungkap Sandiaga Uno.

“Pencatatan Rekor Muri 59 ribu pantun ini merupakan pencapaian yang perlu diapresiasi terutama untuk menjaga dan melestarikan budaya pantun Indonesia," tegasnya.

"Semoga pelaksanaan kegiatan festival pantun, dapat memberikan manfaat dalam pelestarian warisan budaya melalui industri kreatif serta dapat semakin mengenalkan pantun kepada dunia,” tutup Sandiaga Uno.

Rekor Muri 59 Ribu Pantun

Perhelatan Festival Pantun diikuti siswa SD, SMP, SMA di Indonesia, mahasiswa, guru, dosen, masyarakat Indonesia dan Malaysia, Vietnam, Filipina, Australia, Korea Selatan, Jepang, Rusia, Laos, Timor Leste, Pakistan, Kosta Rika, Brazil, dan Thailand dengan melibatkan 5965 orang.

Baca juga: Di Uhamka, Sandiaga Uno Ungkap Pariwisata Jadi Lokomotif Pembangunan

Kegiatan tersebut pecahkan Rekor Muri Pantun Terbanyak sejumlah 59.000 pantun yang terkumpul dari peserta di seluruh Indonesia. Angka 59.000 pantun ini merepresentasikan filosofi Dies Natalis ke-59 UNJ.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com