Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Beri Akses Pendidikan bagi Anak Daerah 3T, Cek di Sini

Kompas.com - 30/05/2023, 19:58 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki keinginan agar mampu memiliki mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto mengaku, ITB sangat meyakini potensi yang dimiliki oleh putra-putri terbaik Indonesia di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: 23 Kampus Ditutup, akibat Jual Beli Ijazah dan Gunakan Dana KIP Kuliah

Maka dari itu, ITB selalu berkomitmen untuk mengembangkan potensi Indonesia.

"Kondisi keterbatasan suatu daerah bukanlah berarti tidak ada potensi putra-putri terbaik Indonesia, termasuk di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T)," kata dia mengutip laman ITB, Selasa (30/5/2023).

Dia menyatakan, ITB percaya daerah 3T bukanlah kendala yang harus menghalangi putra-putri terbaik Indonesia untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Oleh karena itu, ITB telah mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan bagi siswa-siswi yang berasal dari daerah 3T untuk memperoleh akses pendidikan tinggi.

"Bantuan tersebut diwujudkan dalam program penerimaan mahasiswa baru dukungan daerah 3T," ucap dia.

Lanjut dia mengatakan, ITB selalu mencari potensi-potensi terbaik di Indonesia.

Untuk itu, ITB tetap menggunakan kemampuan akademik calon mahasiswa, sebagai satu-satunya kriteria penerimaan mahasiswa baru.

Hal tersebut dikarenakan proses pendidikan di ITB membutuhkan dasar kemampuan akademik yang baik agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UGM Jalur Mandiri 2023

Dukungan yang diberikan ITB kepada calon mahasiswa daerah 3T dalam program ini adalah pembebasan biaya pendaftaran, biaya pendidikan selama menjadi mahasiswa baru, serta program pendampingan selama menjadi mahasiswa baru.

Bentuk pendampingan tersebut di antaranya ITB menyediakan tim dosen dan asisten mahasiswa yang memberikan tutorial, kelas pendalaman materi, dan lain-lain.
"Itu agar mahasiswa dari program dukungan daerah 3T dapat beradaptasi dengan baik," jelas Naomi.

Selain aspek akademik, ITB juga memberikan program pendampingan non-akademik, seperti program mengenal kota Bandung dan sekitarnya, konseling, hingga wisata dan olahraga bersama.

Baca juga: Kemendikbud Masih Selidiki 29 Kampus yang Bermasalah

Syarat bagi calon mahasiswa yang dapat mengikuti program dukungan daerah 3T adalah menjadi lulusan dari sekolah menengah atas (SMA) di daerah 3T, seperti yang tercantum di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/program-3t.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com