Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: SMK Jadi Kunci Kemajuan Negara

Kompas.com - 18/05/2023, 11:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi kunci kemajuan negara.

Maka dari itu, keberadaan sarana praktik yang jadi tempat dalam mengasah kompetensi siswa menjadi hal yang penting untuk terus dikembangkan.

"Di SMK mestinya 60-70 persen itu praktik, sehingga tempat praktik itu menjadi sangat penting," ujar Presiden Jokowi usai meninjau SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023) seperti dikutip dari laman Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek.

Karena itu, presiden berharap agar siswa SMK jurusan pertanian dan perkebunan ini dapat belajar dengan baik.

Baca juga: Ini 7 Prospek Kerja Lulusan SMK Kriya Batik dan Tekstil

Selain itu para siswa SMK bisa mendapatkan pelajaran praktikum dengan porsi yang lebih besar dan didukung dengan fasilitas yang memadai.

Di SMK itu, presiden melihat pembibitan tanaman kelapa sawit. Presiden menilai bibitnya sudah cukup baik, tetapi tempat pembibitannya memerlukan peningkatan agar siswa bisa melihat langsung bagaimana proses bertani yang baik.

"Anak-anak ini kan harus ditunjukkan bagaimana bertani yang baik, bagaimana berkebun yang baik sehingga memang ini akan kita bantu untuk memperbaiki," jelasnya.

Tak hanya itu saja, presiden juga akan membantu memperbaiki tempat praktik peternakan di SMK tersebut, terutama kandangnya.

Presiden Jokowi juga menyebut pihaknya akan membantu mengirimkan sejumlah ternak ke SMK PPN 1 untuk bisa dijadikan sarana pembelajaran.

"Yang peternakan juga kandang. Kandang yang baik seperti apa, yang bersih seperti apa, dan supaya kambingnya juga gemuk-gemuk seperti apa," terang presiden.

"Ini nanti akan saya kirim kambing, domba, kemudian ayam, bebek, semuanya, biar banyak contoh-contoh yang bisa diajarkan oleh bapak, ibu guru kepada murid-muridnya di sini," tandasnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa dirinya mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk memperbaiki kandang hewan, pembuatan irigasi, dan pembuatan ruang green house.

Baca juga: Ini Cara Daftar PPDB Jakarta SMK 2023

"Saya mendapat tugas untuk memperbaiki sarana dan prasarana di SMK, seperti kandang kambing, kandang sapi, irigasi pertanian, dan juga green house," kata Basuki.

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi juga meninjau langsung praktik pembelajaran di SMKN 4 Kota Jambi. Presiden bahkan sempat memesan baju kepada siswa jurusan Tata Busana di SMK itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com