Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok David, Apoteker Lulusan ITB Jadi Selebgram Edukasi Kesehatan

Kompas.com - 13/04/2023, 20:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - David Wijaya adalah seorang apoteker yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2014.

Dia memulai karier sewaktu masih menempuh pendidikan sarjana farmasi dengan mengikuti beragam perlombaan dan melakukan berbagai kegiatan sosial.

Selain itu ia juga dikenal sebagai mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus dan menjadi Mahasiswa Berprestasi Sekolah Farmasi ITB.

Baca juga: Kisah Vaghwa, Perwira TNI AU Lulus S2 di ITB dengan IPK 4,00

Ketika mahasiswa, David Wijaya terpilih menjadi Staf Ahli Pharmaceutical Sciences and Education Nasional di ISMAFARSI (ikatan senat mahasiswa farmasi seluruh indonesia) periode 2016-2018.

Dia membantu mengembangkan beragam program kerja yang membantu peningkatan pemerataan kualitas pendidikan farmasi di Indonesia.

Bergerak bersama tim nya disetiap wilayah, David berkordinasi hingga membuat beragam kegiatan perlombaan dan patient counseling club di kampus-kampus.

David Wijaya dibesarkan di Cirebon bersama ketiga saudara lainnya.

Dia memulai pendidikan dasar di SD Putra Nirmala, Cirebon, Jawa Barat. Kemudian meneruskan ke SMPK 1 BPK Penabur Cirebon, Jawa Barat, lulusan 2011, lalu ke SMAK 1 BPK Penabur Cirebon lulusan tahun 2014.

Pendidikan tingginya, dia selesaikan di S1 Farmasi ITB, lulus tahun 2018 dan dituntaskan dengan menyelesaikan pendidikan apoteker di Apoteker Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2019.

David juga kemudian mengambil beberapa lisensi perencanaan keuangan seperti Associate Wealth Planner (AWP) dan Registered Professional Planner (RPP).

Dia dikenal sebagai pendiri beragam platform edukasi seperti Youth Ranger Indonesia (@youthranger.id), Finplan (@finplan.id) dan Bijak Obat @bijakobat.id).

Baca juga: 10 Jurusan ITB Berdaya Tampung Besar di SNBT 2023, Ada 1.210 Bangku

Pengikut dari ketiga platform ini lebih dari 90 ribu orang. Harapannya bisa terus mengedukasi lebih banyak orang dan menebar beragam manfaat.

"Bagi saya pribadi, pendidikan adalah kunci untuk melepas rantai kemiskinan, kesenjangan sosial, dan tingkat kesehatan yang rendah. Walaupun kita apoteker, kita bisa juga merambah beragam bidang khususnya juga keuangan/finance," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Platform bijakobat.id merupakan platform edukasi kesehatan yang berfokus untuk memberikan informasi seputar kesehatan, khususnya penggunaan obat dengan bijak dan memberikan layanan konseling atau konsultasi bersama apoteker kepada masyarakat secara gratis.

Platform Youth Ranger Indonesia adalah platform kolaborasi para pemuda Indonesia untuk mengasah keterampilan serta potensinya ditunjang dengan beragam project yang akhirnya membatnu anak muda mempersiapkan dunia kerja.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com