Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Informatika Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja, Ini 5 Alasannya

Kompas.com - 10/04/2023, 08:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah Informatika saat ini menjadi salah satu jurusan favorit para calon mahasiswa baru. Bahkan, jurusan Informatika juga menjadi jurusan dengan persaingan paling ketat.

Hal ini karena jurusan Informatika dinilai punya prospek kerja yang sangat luas karena banyak dibutuhkan oleh dunia kerja atau perusahaan.

Lantas, kenapa lulusan Informatika dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan?

Melansir dari laman Masoem University, Minggu (9/4/2023) ada beberapa alasan mengapa lulusan informatika sangat diminati oleh dunia kerja.

Baca juga: Ini Beda Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Alasan jurusan Informatika selalu dibutuhkan dunia kerja

Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjelaskan mengapa lulusan informatika akan selalu dibutuhkan di dunia kerja.

1. Tingginya permintaan profesi di bidang IT

Salah satu alasan kenapa lulusan Informatika banyak dibutuhkan dunia kerja adalah karena permintaan terhadap sumber daya manusia yang menguasai bidang IT juga semakin meningkat. Hal ini terjadi seiring berkembangnya teknologi informasi di berbagai sektor.

Saat ini dan di masa yang akan datang, akan makin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja ahli di bidang IT untuk membantu dalam mengembangkan sistem informasi dan teknologi terbaru. Sehingga lulusan informatika menjadi sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

Baca juga: 6 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik Indonesia 2023 dan Biaya Kuliahnya

2. Lulusan informatika terlatih dan terampil

Selama kuliah, para mahasiswa Informatika ditempa dengan berbagai ilmu tentang teknologi informasi. Lulusan Informatika juga dilatih untuk memecahkan masalah dan menerapkan solusi teknologi yang efektif untuk berbagai perusahaan.

Keahlian teknis dan keterampilan problem solving yang dimiliki oleh lulusan informatika membuat mereka menjadi kandidat yang sangat menarik di pasar kerja.

3. Tren digitalisasi di berbagai sektor

Alasan ketiga lulusan Informatika selalu dibutuhkan dunia kerja karena tren digitalisasi telah mengubah cara perusahaan beroperasi. Mulai dari sistem manajemen keuangan hingga manajemen rantai pasok.

Dalam rangka menghadapi perubahan ini, perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memahami teknologi dan dapat membantu mereka memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

4. Kebutuhan perusahaan akan pengembangan aplikasi dan software

Saat ini hampir semua perusahaan memiliki aplikasi dan software. Sehingga perusahaan membutuhkan tenaga kerja ahli dalam mengembangkan dan merancang sistem yang berkualitas.

Lulusan informatika memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan aplikasi dan software yang berkualitas. Hal ini menyebabkan lulusan Informatika menjadi kandidat yang sangat dicari di bidang ini.

5. Kreativitas dan inovasi

Lulusan informatika biasanya dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif. Sehingga mereka mampu menciptakan solusi teknologi yang unik dan efektif untuk berbagai perusahaan.

Kemampuan ini sangat dicari oleh perusahaan yang ingin memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan mereka.

Itulah sebabnya lulusan Informatika sangat diburu oleh dunia kerja saat ini karena keahlian teknis dan keterampilan problem solving yang dimilikinya.

Selain itu, adanya tren digitalisasi di berbagai sektor juga memperkuat permintaan akan lulusan informatika.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Belgia: Ada Biaya Kuliah Rp 157 Juta dan Uang Saku

Demikian 5 alasan lulusan Informatika akan selalu dibutuhkan dunia kerja. Calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pada tahun ajaran 2023/2024 bisa menjadikan jurusan Informatika menjadi pilihannya agar memiliki karir di bidang teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com