Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosa Jadi Salah Satu Mahasiswa Termuda Unair yang Lolos SNBP 2023

Kompas.com - 02/04/2023, 14:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, Universitas Airlangga (Unair) menerima sebanyak 1.835 siswa.

Dari jumlah itu, ada sedikitnya lima siswa yang masuk dalam kategori mahasiswa termuda Unair dari jalur SNBP 2023.

Salah satunya ialah Rosa Eka Mufita Andriana. Siswa asal SMAN 1 Ngimbang, Lamongan ini lolos seleksi SNBP, Selasa (28/3/2023) pada Program Studi S1 Psikologi Unair yang tepat tiga hari usai hari ulang tahunnya yang ke-16.

Ia menganggap bahwa pengumuman lolos SNBP 2023 ini adalah kado terindah di umur dia yang ke-16.

Baca juga: Dosen FK Unair: Ini Waktu dan Jenis Olahraga Saat Puasa

Menurut Rosa, Unair adalah salah satu kampus favorit yang menghasilkan alumni berprestasi dan mampu berkontribusi untuk negeri.

Untuk itu, ia tak menyangka bisa diterima di salah satu universitas terbaik di Indonesia yang memiliki keketatan tinggi seperti Unair.

Tentunya, semua juga berkat dukungan orangtua dan keyakinannya pada Tuhan hingga akhirnya ia memutuskan untuk percaya dan menunggu.

"Saya pernah membaca hadis bahwa Allah bersama prasangka hamba-Nya. Saya berusaha selalu berprasangka baik bahwa bisa diterima di Unair," ujarnya dikutip dari laman Unair, Jumat (31/3/2023).

"Bersama orangtua yang selalu meyakinkan saya bisa lolos di SNBP Unair. Alhamdulillah saya lolos. Sampai sekarang saya masih tidak percaya, nggak nyangka aja bisa lolos di Unair," imbuh dia.

Ikut kelas akselerasi

Rosa juga menceritakan bahwa dirinya bisa menjadi salah satu mahasiswa termuda di Unair karena dia mengikuti kelas akselerasi yang membuatnya bisa lulus SMA dalam waktu dua tahun saja.

Proses itu tentu membuat Rosa tumbuh sebagai pribadi yang fokus dalam meningkatkan prestasi akademik.

Dengan menjadi mahasiswa Unair, tentu membuat Rosa merasa bangga dan berjanji akan berusaha melakukan yang terbaik dalam bidang akademiknya.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa? Ini Penjelasan Alumnus FK Unair

"Saya bercita-cita ingin menjadi psikolog, sehingga saya akan secara maksimal belajar dan mendapat ilmu sebanyak-banyaknya dari bangku perkuliahan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com