Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Prodi Peminat Terbanyak di UB pada Ajang SNBP 2023

Kompas.com - 28/03/2023, 16:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) menerima 5.380 mahasiswa dari 26.487 pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Jumlah ini menjadikan UB berada pada peringkat pertama PTN dengan pendaftar terbanyak dan penerima peserta terbanyak.

Baca juga: Ini 10 Kampus Negeri Pencetak PNS Terbanyak

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Imam Santoso mengatakan, sebagai salah satu kampus besar dengan jumlah program studi yang banyak, yakni 83 program studi untuk jenjang S1 dan Diploma, UB cukup memberikan kesempatan yang lebih besar bagi calon mahasiswa.

"Tentunya dengan kualifikasi, akreditasi, dan jaminan mutu yang baik. Selain itu kondisi kota Malang yang nyaman sebagai kota pelajar dengan berbagai fasilitas dan kemudahan akses, juga menjadi daya tarik tersendiri," kata dia mengutip laman UB, Selasa (28/3/2023).

Penilaian SNBP (dulunya bernama SNMPTN) dilakukan melalui pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran..

Lalu maksimal 50 persen diambil dari nilai rapor dua mata pelajaran pendukung, serta prestasi akademik dan non akademik.

Program studi (Prodi) dengan peminat terbanyak untuk Saintek, yaitu:

  • Kedokteran (1.917 peminat)
  • Teknik Informatika (1.281 peminat)
  • Ilmu Keperawatan (1.201 peminat)
  • Farmasi (1.188 peminat)
  • Ilmu Gizi (966 peminat).

Sedangkan prodi dengan peminat terbanyak di Soshum, yakni:

  • Psikologi (1.592 peminat)
  • Akuntansi (1.547 peminat)
  • Manajemen (1.537 peminat)
  • Ilmu Hukum (1.513 peminat)
  • Ilmu Komunikasi (1.328 peminat).

Baca juga: Sekolah Kedinasan STAN Buka 1.100 Formasi, Cek Syarat dan Dokumenya

Sementara itu program studi yang paling ketat untuk kelompok Saintek, yakni Farmasi dengan keketatan 4 persen, Kedokteran dengan keketatan 4 persen, Ilmu Keperawatan dengan keketatan 5 persen, Ilmu Gizi dengan keketatan 6 persen, dan Pendidikan Dokter Gigi dengan keketatan 6 persen.

Kekettan pada kelompok Soshum, yakni Psikologi dengan keketatan 6 persen, Ilmu Komunikasi dengan keketatan 7 persen, Manajemen dengan keketatan 7 persen, Hubungan Internasional dengan keketatan 7 persen, dan Akuntansi dengan keketatan 8 persen.

Pada jalur seleksi ini, UB menerima 750 peserta KIP Kuliah dari 6.798 pendaftar

"Kami menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiswa baru UB yang diterima melalui jalur SNBP. Dan bagi para calon mahasiswa yang belum diterima jangan patah hati, masih ada beberapa jalur, baik jalur SNBT melalui tes UTBK maupun jalur Mandiri. Masih ada banyak kesempatan. Tetap semangat," jelas Prof. Imam.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat di UIN Jakarta

Untuk persiapan UTBK sendiri, sebagai salah satu penyelenggara, UB telah melakukan pemetaan kelas, infrastruktur, komputer, dan jaringan, serta memastikan fasilitas dan sarana pendukung layak digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com