Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Guest Lecturer" Prasmul Perkenalkan Profesi Aktuaris dan Industri Asuransi

Kompas.com - 23/03/2023, 18:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Prastiya Mulya (Prasmul) School of Applied STEM melalui program studi Business Mathematics menggelar diskusi dengan para praktisi dari industri asuransi dengan bekerja sama dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Stevanus Wisnu Wijaya, Dekan School of Applied STEM Prasmul berharap bidang studi aktuari yang menjadi salah satu unggulan Prodi Matematika Prasmul dapat terus menguatkan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan pertemuan dengan industri.

"Kegiatan kolaborasi dengan lembaga dan industri kredibel ini (harapannya) akan semakin membuat Prasetiya Mulya mampu memberikan memberikan kontribusi dalam dunia industri asuransi," harap Wisnu dalam sambutan pembukaan guest lecture yang digelar di Kampus Prasmul BSD, Tangerang Selatan (21/3/2022).

Dalam kesempatan sama, Bern Dwyanto (Direktur Eksekutif AAUI) menyampaikan Indonesia masih banyak membutuhkan profesi aktuaris di masa depan. 

Gelaran dosen tamu praktisi industri diawali dengan beberapa highlight dari perwakilan mitra yakni; Bern Dwyanto (Direktur Eksekutif AAUI), Harris Marpaung (Kepala Departemen Literasi AAUI), Setiarsa Heru Wibowo (PT. Asuransi Tokio Marine Indonesia).

Setiarsa Heru yang juga merupakan alumni Prasmul menyebut, kegiatan berbagi pengetahuan literasi dan inklusi keuangan ini diharapkan mampu mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan Indonesia yang terus membaik.

"Ini menjadi tanggungjawab kita semua agar masyarakat yang sudah memanfaatkan jasa atau produk keuangan memiliki literasi keuangan yang cukup terkait hal itu. Sekaligus mengeksplorasi profesi-profesi apa yang di industri asuransi," ungkap Heru.

"Dan yang terpenting bagaimana mahasiswa dapat belajar strategi digital dapat diaplikasikan dalam bisnis asuransi dan bersentuhan langsung dengan pelanggan," tambahnya.

Mengenal dunia asuransi dan profesi aktuaris

Baca juga: Profesor University of York Jadi Dosen Tamu The Eurasia Course XI FIS UNJ

Gelaran dosen tamu praktisi industri Prasmul yang dipandu Maria Zefanya, Kepala Program Studi Matematika Bisnis ini menghadirkan beberapa materi pembahasan, antara lain;

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com