Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Alasan Pendidikan Finlandia Terbaik Dunia, Masuk Sekolah Pukul 09.00 Pagi

Kompas.com - 09/03/2023, 08:14 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber WEForum

KOMPAS.com - Finlandia dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Menurut Programme for International Student Assessment (PISA), Finlandia berada di peringkat 7 skor PISA tertinggi dalam tes yang dilakukan untuk mengukur keterampilan dan pengetahuan para siswa di dunia 

Hal ini bukan tanpa alasan. Finlandia telah melakukan reformasi intelektual dan pendidikannya selama bertahun-tahun. Untuk itu, tidak heran jika Finlandia bisa termasuk ke dalam jajaran sistem pendidikan terbaik dunia bahkan mengalahkan Amerika Serikat.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

Dilansir dari World Economic Forum, terdapat sejumlah alasan yang menjadikan sistem pendidikan Finlandia menjadi yang terbaik di dunia.

Berikut merupakan 10 alasan sistem pendidikan Finlandia yang terbaik di dunia:

1. Standar yang tinggi bagi guru

Di Finlandia, semua guru diwajibkan memiliki gelar master sebelum mulai mengajar. Kinerja guru dalam mengajar sangat diperhatikan karena akan memengaruhi kemampuan muridnya.

Untuk itu, standar yang ditetapkan dalam jurusan pendidikan sebagai langkah awal bagi mereka yang akan menjadi guru sangat ketat dan selektif.

2. Tidak ada ujian nasional

Finlandia tidak menerapkan Ujian Nasional (UN). Satu-satunya tes yang dimiliki Finlandia adalah Ujian Matrikulasi Nasional. Tes ini dilakukan secara sukarela bagi siswa yang berada di tahun terakhir sekolah menengah atas (SMA).

Semua siswa di Finlandia akan dinilai secara individual dan sistem penilaian yang telah ditetapkan oleh guru.

Kemudian, seluruh nilai dan perkembangan dari para siswa akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Finlandia dengan mengambil sampel kelompok di berbagai sekolah.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

3. Jam sekolah yang dimulai lebih siang

Di Finlandia, jam masuk sekolah dimulai pada pukul 09.00 hingga 09.45 pagi dan berakhir pada pukul 14.00 hingga 14.45 siang. Siswa Finlandia juga memiliki periode kelas yang lebih lama dan istirahat yang lebih lama di antaranya.

Secara keseluruhan, sistem yang digunakan juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran holistik dan tidak berpusat pada pemberian informasi dan pelajaran yang terlalu banyak.

Baca juga: Aktivis Pendidikan: Cara Disiplinkan Siswa Bukan dengan Memajukan Jam Masuk Sekolah

4. Pilihan lain selain kuliah

Sistem pendidikan Finlandia menawarkan beberapa opsi yang menguntungkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Ada opsi sekolah menengah atas (setara SMA) yang merupakan program tiga tahun untuk mempersiapkan siswa dalam Ujian Matrikulasi Nasional yang dapat menentukan penerimaan mereka ke universitas.

Selain itu, ada opsi pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi merupakan program tiga tahun yang melatih siswa untuk berbagai bidang karir. Mereka juga akan mendapatkan pilihan untuk mengikuti Ujian Matrikulasi jika mereka ingin mendaftar ke universitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com