Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah IPA-IPS Peluang Kerja Tinggi Era Digital hingga 2030

Kompas.com - 17/02/2023, 08:39 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyebut, perkembangan teknologi digital membuka peluang bagi beberapa jurusan kuliah untuk memiliki prospek kerja yang luas dan relevan dengan kebutuhan industri.

World Economic Forum (WEF) merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diramalkan akan naik daun sampai 2030 nanti.

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Gratis Kuliah sampai Lulus

Berikut jurusan kuliah yang potensial di era digital yang bisa menjadi referensi siswa dalam memilih jurusan kuliah, melansir sosial media Ditjen Dikti:

1. Teknik Informatika

Jurusan ini potensial karena mempelajari dunia pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini yakni programming, software developer, web developer, system analyst, IT consultant dan software engineer.

2. Matematika dan Statistika

Di era digital, data dan informasi cepat tersebar dan sangat mudah untuk didapatkan.

Karena itu, lulusan dari dua jurusan kuliah ini memiliki prospek kerja yang tinggi karena mempelajari pengumpulan, analisis, dan penyajian data.

Pekerjaan yang dapat dilamar nantinya seperti data analyst, data science, system analyst dan market researcher, baik di swasta, kementerian, hingga BUMN.

Baca juga: Ingin Kerja di Kilang Pertamina? Lulusan Jurusan Ini Dibutuhkan

3. Cyber Security

Era digital juga rentan dengan tindak kriminal. Maka, lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan digital dan melindungi data-data penting milik perusahaan.

Lulusan cyber security dapat menjadi seorang computer forensics atau big data architect.

4. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas, karena ilmu yang dipelajari mencakup banyak aspek dalam kehidupan manusia.

Pekerjaan di era digital dari jurusan ilmu komunikasi seperti digital marketing, SEO specialist, social media specialist, copywriter, public relation dan graphic designer.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 dengan Uang Saku Besar, Salah Satunya LPDP 2023

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV menjadi jurusan yang saat ini semakin populer dan dibutuhkan.

Menjadi bagian dari ilmu seni, jurusan ini fokus pada elemen visual dalam menyampaikan pisan.

Pekerjaan yang dapat dilakukan seperti animator, web designer, layouter, creative advertising dan desain grafis.

6. Teknologi Bisnis Digital

Sistem penjualan secara digital yang marak saat ini semakin memperluas prospek kerja jurusan Teknologi Bisnis Digital, seperti UI/UX designer, pemasaran digital, fintech industry dan e-commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com