Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USD Jadi Salah Satu Pengelola Beasiswa KNB, Cek Rincian Prodinya

Kompas.com - 17/02/2023, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta siap menerima mahasiswa asing dari berbagai negara untuk belajar di tingkat sarjana atau pascasarjana.

Hal itu usai ditetapkannya USD ditetapkan menjadi salah satu perguruan tinggi pengelola beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) mulai tahun ajaran 2023/2024.

Adapun terpilihnya kampus tersebut didasarkan pada Keputusan Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 0033/E3/DT.03/2023.

USD bersama 26 perguruan tinggi swasta maupun negeri akan menerima mahasiswa asing. Dipilihnya USD untuk turut berpartisipasi pada pengelola beasiswa KNB tersebut karena SDM dan fasilitas pendukung bagi mahasiswa asing telah tersedia di USD.

Baca juga: Lewat Kopi, Mahasiswa KKN USD Dorong Terciptanya Lapangan Kerja Baru di Temanggung

Berharap jadi daya tarik mahasiswa asing

Menurut Wakil Rektor IV USD Caecilia Tutyandari, Ph.D., sebagai salah satu perguruan tinggi pengelola KNB, maka diharapkan USD menjadi daya tarik bagi mahasiswa internasional.

Dengan begitu, diharapkan akan semakin banyak mahasiswa dari luar negeri yang memilih untuk kuliah di USD.

"Harapannya, USD bisa menjadi tempat yang bisa mengakomodasi keanekaragaman budaya dan bangsa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/2/2023).

Disamping itu, ia juga berharap dapat berperan serta mendukung komitmen Indonesia untuk go international dengan memperkenalkan dan menguatkan budaya dan ciri khas Indonesia.

Untuk pendaftaran peserta penerima beasiswa KNB masih berlangsung sampai 18 Februari 2023.

Peserta yang dapat mendaftar diri adalah mahasiswa yang berasal dari negara berkembang, terbanyak dari Asia dan Afrika, yang akan menempuh pendidikan jenjang S1 dan S2.

Dari data terakhir, ada sebanyak 21 pelamar telah mendaftarkan diri di USD pada pilihan pertama maupun kedua.

Baca juga: Di SD Ini, Dosen USD Beri Edukasi Seks hingga Cara Mencegah Pelecehan Seksual

Mereka berminat di berbagai program studi yang ditawarkan dan kemungkinan besar pelamar akan bertambah hingga akhir pendaftaran nanti.

Penerimaan beasiswa KNB dilakukan secara online di laman knb.kemdikbud.go.id. Selanjutnya, semua pelamar akan diseleksi oleh tim dari beberapa instansi, mulai dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di setiap negara asal pelamar, tim dikti dan tim dari perguruan tinggi.

Tim seleksi dari USD terdiri dari Wakil Rektor IV, Kaprodi terkait dan Kepala BKHI.

Metode seleksi beasiswa KNB

Ia juga menjelaskan mengenai metode seleksi beasiswa KNB, yakni melalui seleksi administrasi dan wawancara secara online.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com