Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

5 Keunggulan Prodi Akuntansi, Latih Kemampuan Analisis hingga Miliki Prospek Cerah

Kompas.com - 17/01/2023, 17:25 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kehadiran akuntan dalam sebuah perusahaan dinilai masih sangat penting meski perkembangan teknologi cukup pesat dan membawa banyak perubahan di bidang akuntansi.

Sebab, profesi akuntan kini juga dituntut untuk memiliki kemampuan digital, terutama dalam meminimalkan risiko ekonomi di bidang akuntansi.

Merujuk data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Indonesia memiliki kebutuhan terhadap akuntan profesional hingga 452.000 orang.

Kini, akuntan profesional yang tersedia sekitar 53.000. Kebutuhan akan profesi akuntan pun masih sangat tinggi dan perlu didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan digital.

Tak heran, kebutuhan profesi akuntan saat ini sangat tinggi mengingat prospek karier bidang akuntansi juga cukup luas dan menjanjikan gaji yang menggiurkan.

Baca juga: Ukrida Buka Prodi Sarjana Terapan Optometri, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Beberapa prospek di bidang akuntansi, antara lain auditor, analis, accounting software developer, cost accountant, konsultan pajak, chief financial officer, dan akuntan forensik.

Tak mengherankan pula jika program studi (prodi) Akuntansi menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia.

Calon mahasiswa baru yang tidak suka matematika pun tak perlu khawatir meski program studi ini akan banyak berhubungan dengan angka-angka.

Sebab, prodi Akuntansi memiliki banyak skill lain yang bisa dipelajari dan dikembangkan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keunggulan memilih prodi Akuntansi.

1. Melatih kemampuan analitis

Selain memberikan pengetahuan tentang akuntansi, prodi Akuntansi juga memberikan ilmu untuk mempertajam analisis dan serta memproses seluruh catatan keuangan yang dihasilkan.

Baca juga: Prodi Teknik Sipil Ukrida Bantu Renovasi Garasi Ambulans Primkopti Swakerta Semanan di Kalideres

Sebab, salah satu tujuan akuntansi adalah menganalisis laporan keuangan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Oleh karenanya, mahasiswa juga akan dilatih meningkatkan kemampuan membaca, mengevaluasi sumber informasi, mengajukan pertanyaan kritis, hingga memvisualisasikan hasil analisisnya.

2. Membentuk kedisiplinan dan bertanggung jawab

Salah satu yang dipelajari pada program studi akuntansi adalah penyusunan laporan keuangan. Dalam hal ini, laporan keuangan harus disusun dengan rapi dan dibuat berdasarkan data yang ada.

Oleh karena itu, calon mahasiswa yang mempelajari akuntansi akan terbiasa menjadi disiplin dan bertanggung jawab.

Baca juga: Prodi Akuntansi Ukrida Raih ISO 21001:2018 British Standard Institution

3. Melatih kemampuan mengelola keuangan

Keterampilan akuntansi akan membuat seseorang mudah mengatur dan mengelola keuangan pribadi. Sebab, ilmu yang dipelajari sehari-hari akan membuat orang terbiasa untuk menerapkannya, seperti mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com