Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan yang Membuat Gagal Daftar SNBP dan SNBT 2023

Kompas.com - 10/01/2023, 11:29 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) harus berhati-hati agar tidak gagal di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Gagal mendaftar SNBP atau dulu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) serta SNBT atau dulu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), bisa saja karena kesalahan kecil yang dibuat siswa.

Sekretaris Eksekutif SNPMB 2023, Bekti Cahyo Hidayanto, pada Sosialisasi SNPMB PTN 2023 di Universitas Indonesia (UI) beberapa waktu lalu menjelaskan apa saja kesalahan kecil yang membuat siswa gagal mendaftar SNBP maupun SNBT 2023.

"Untuk diperhatikan, sebelum mendaftar seleksi PTN, ada beberapa yang perlu kehati-hatian agar proses pendaftaran lancar," kata Bekti.

Baca juga: Referensi SNBP 2023, Cek 20 Prodi Saintek Terketat SNMPTN 2022

Apa saja kesalahan kecil yang bisa menghambat pendaftaran SNBP dan SNBT 2023?

1. Salah entri data sekolah

Kesalahan kecil yang bisa berdampak besar, saat sekolah salah memasukkan atau entri data ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Bekti meminta agar semua sekolah untuk mengecek data sekolah di Dapodik.

Ia mengatakan, dari analisa yang dilakukan ada banyak sekolah yang tidak memiliki personalia khusus melakukan tugas pengentrian data sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Banyak sekolah yang meminta tenaga sukarela dalam melakukan pengentrian data sekolah, sehingga sering terjadi kesalahan entri data.

"Seharusnya, ada petugas khusus, diberikan penugasan dengan Surat Keputusan (SK) khusus dalam melakukan hal tersebut agar dapat terlaksana dengan baik dan benar," kata dia.

Kesalahan pengentrian data, seringkali masalah tanggal dan tahun saat siswa memulai SMA. Apabila data bulan dan tahun salah, sistem SNPMB akan menilai jika siswa tersebut masuk dalam gap year, sehingga tidak bisa lagi masuk jalur SNBP.

Baca juga: Apa Itu Siswa Eligible di SNBP 2023? Ini Kriterianya

"Nanti di sistem kami, anak ini sudah gap year. Tentu tidak bisa masuk SNBP. Itu banyak kemarin seperti itu," tambah Bekti.

2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) salah

NISN merupakan syarat wajib siswa mendaftar SNBP. Kadangkala sekolah masih salah menginput NISN.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com