Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 PTN dengan Jurusan Hubungan Internasional Akreditasi A

Kompas.com - 05/01/2023, 08:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Hubungan Internasional salah satu jurusan yang banyak difavoritkan calon mahasiswa setiap tahunnya.

Apalagi menjelang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, tentu siswa SMA, SMK sudah harus mencari jurusan kuliah. Jika bingung, cobalah pertimbangkan jurusan Hubungan Internasional

Peluang kerja lulusan Jurusan Hubungan Internasional, juga sangat tinggi dan bisa mendapatkan gaji besar. Contohnya, diplomat, staf kedutaan, jurnalis, international officer, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, jika kamu ingin memilih jurusan Hubungan Internasional saat seleksi mahasiswa baru, ketahuilah mana saja Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang punya jurusan Hubungan Internasional terakreditasi A.

Baca juga: 10 PTN yang Punya Jurusan Psikologi Akreditasi A

Apalagi, kurang beberapa bulan lagi siswa siap mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Yakni melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), lalu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau dulu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2023.

Sehingga, sebelum SNPMB 2033 dimulai siswa bisa memilih jurusan dan perguruan tinggi yang punya Jurusan Hubungan Internasional terbaik.

Perlu diketahui, akreditasi jurusan dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Perguruan tinggi yang sudah melakukan akreditasi dengan IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 status akreditasinya bukan lagi "A", "B" dan "C", melainkan berubah menjadi Akreditasi Baik, Sangat Baik, Unggul, dan Tidak Terakreditasi.

Namun, beberapa PTN ternama masih menggunakan akreditasi A karena akreditasi yang dilakukan menggunakan Instrumen Akreditasi 7 Standart.

Sebagai catatan, status akreditasi dapat berubah bergantung masa kedaluwarsa akreditasi maupun pengajuan akreditasi oleh PTN. Info resmi dapat dicek melalui laman BAN PT.

Dilansir dari laman banpt.or.id, Kamis (5/1/2023) berikut daftar perguruan tinggi negeri (PTN) yang mempunyai jurusan Hubungan Internasional dengan akreditasi A.

PTN dengan Jurusan Hubungan Internasional Akreditasi A

1. Universitas Jember

2. Universitas Hasanuddin

3. Universitas Gadjah Mada

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com