Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Situs Jurnal Gratis, Referensi Tugas hingga Penelitian Mahasiswa

Kompas.com - 19/12/2022, 08:54 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Jurnal ilmiah atau jurnal akademik merupakan salah satu referensi atau rujukan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah dan penulisan penelitian seperti skripsi dan tesis.

Selain itu, jurnal juga digunakan sebagai sarana komunikasi akademik antar ilmuwan, diseminasi hasil penelitian, pengembangan budaya akademik, dan bentuk pertukaran informasi untuk menghasilkan ide baru dalam bidang pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu, jurnal memiliki keterkaitan erat dengan mahasiswa yang sedang duduk di bangku kuliah dan juga para dosen.

Jurnal ilmiah yang dapat dijadikan referensi oleh mahasiswa haruslah diambil dari sumber yang terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.

Ada bermacam-macam topik bahasan jurnal yang tersebar, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, misalnya jurnal nasional dan internasional.

Baca juga: 9 Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah Online dari Kemendikbud

Melansir akun Instagram ICAN Education Consultant @ ican_education, terdapat delapan situs jurnal gratis yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam pengerjaan tugas kuliah. Berikut pemaparannya.

1. Elsevier (www.elsevier.com)

Elsevier dikenal sebagai penyedia informasi yang telah beroperasi lebih dari 140 tahun, jadi jurnal-jurnal di situs ini dikenal sangat kredibel dan banyak dikutip. Situs ini menyediakan jurnal di berbagai area sains dan kedokteran, seperti mekanika tanah, kardiologi dan anestesiologi.

Elsevier juga menyediakan terjemahan bahasa Inggris untuk jurnal-jurnal dari berbagai negara, seperti Spanyol, Brazil, China. dan Arab Saudi. Semua jurnal yang bisa kamu akses dengan gratis di situs ini memiliki tanda "Gold open access.”

Baca juga: Hasilkan 1.921 Jurnal Internasional, Kemendikbud Apresiasi Mahasiswa PMDSU

2. Sage Journals (journals.sagepub.com)

SAGE adalah salah satu penerbit jurnal yang dihormati di dunia akademis. Situs open akses SAGE menyediakan berbagai studi dengan standar penelahaan sejawat (peer review) yang ketat untuk para peneliti, pelajar, dan masyarakat umum.

Sehubungan dengan pandemi yang tengah melanda dunia, SAGE kini menggratiskan semua studi yang berhubungan dengan Covid-19.

Selain itu, SAGE juga menggratiskan akses untuk jurnal-jurnal yang membahas rasisme struktural dan kekerasan aparat polisi sebagai tanggapan terhadap gerakan Black Lives Matter. Sama seperti Elsevier, jurnal open access di situs ini memiliki tanda "Gold."

Baca juga: Kemendikbud Ristek Dorong 21 PTN-BH Tambah Jumlah Jurnal Internasional

3. BMC (biomedcentral.com)

BioMed Central (BMC) telah menyediakan jurnal open access di ranah online sejak 1999. Beberapa jurnal ternama yang menjadi bagian BMC adalah BMC Biology dan BMC Medicine. Jadi kalau kamu butuh informasi di bidang biologi atau kedokteran, jangan lupa untuk menelusuri BMC.

Situs ini adalah anggota Committee on Publication Ethics (Komite Etika Publikasi) yaitu organisasi yang bertujuan menjaga integritas dalam dunia penelitian akademis. Jadi kamu bisa yakin bahwa semua data yang kamu dapatkan di situs ini sudah terjamin mutunya.

4. The Royal Society (royalsociety.org)

Royal Society Open Science adalah jurnal open access yang diterbitkan oleh Royal Society, akademi ilmiah independen tertua dan paling dihormati di dunia yang berlokasi di Inggris.

Baca juga: Simak Tips Bisa Tembus Artikel Jurnal Internasional Bereputasi

Selain itu, konten jurnal ini juga sering diliput oleh berbagai media pemberitaan seperti BBC dan CNN. Tim editorial jurnal ini terdiri dari beragam ilmuwan ternama di bidang mereka masing-masing, jadi semua penelitian yang dimuat pasti memiliki kualitas terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com