Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegiatan Luar Kampus Buat Mahasiswa Cepat Dapat Kerja, Apa Saja?

Kompas.com - 16/11/2022, 10:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya soal nilai, aktivitas mahasiswa selama berkuliah nyatanya mempengaruhi kecepatan mendapatkan kerja setelah lulus. Bahkan, membuat gaji awal menjadi lebih tinggi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim saat memaparkan data awal dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Nadiem menyebut, hasil analisa awal mendapati bahwa mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus, mendapatkan pekerjaan lebih cepat, bahkan gaji pertama yang lebih tinggi.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

"Ini baru awal kita melakukan analisa, yang mana mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus mendapatkan pekerjaan lebih cepat dan gaji pertama yang lebih besar," ungkap Nadiem dalam acara Festival Kampus Merdeka, Bali, dikutip dari Antaranews.

Masa tunggu dapat kerja bisa kurang dari 1 bulan

Berdasarkan data awal, pengalaman mahasiswa mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mampu menurunkan masa tunggu mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Dalam MBKM, mahasiswa didukung untuk menjalankan 8 jenis kegiatan di luar kampus, yakni pertukaran mahasiswa, magang atau praktik kerja, kampus mengajar atau asistensi mengajar, studi atau proyek independen, membangun desa, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha dan penelitian.

Sementara enam program unggulan Kampus Merdeka yang membuat mahasiswa lebih cepat dapat kerja dan gaji lebih tinggi ialah:

1. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

2. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

3. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Baca juga: Kemendikbud Buka Kampus Mengajar 5, Uang Saku Rp 1,2 Juta Per Bulan

4. Kampus Mengajar

5. Wirausaha Merdeka

6. Praktisi Mengajar

Bila rata-rata nasional lulusan butuh waktu empat bulan untuk dapat kerja, namun dengan mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa, masa tunggu menjadi hanya 2,8 bulan.

Sementara, mahasiswa yang mengikuti magang bersertifikat, waktu tunggu mendapat kerja hanya 1,1 bulan. Lalu, yang mengikuti IISMA, masa tunggu dapat kerja hanya 0,3 bulan saja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com