Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Sudah Paham?

Kompas.com - 04/11/2022, 12:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) beberapa tahun yang lalu meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar.

Pada Merdeka Belajar itu terdapat program Kampus Merdeka. Atau Kampus Merdeka ini merupakan kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar.

Tentu, Kampus Merdeka memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier.

Selain itu, Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman.

Baca juga: Mahasiswa Unair Inovasi Kemasan Makanan Ramah Lingkungan dari Limbah Ini

Dan tentu saja siap menjadi seorang pemimpin tangguh dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Melansir laman Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek, ada 9 program Kampus Merdeka. Apakah para calon mahasiswa atau mahasiswa sudah paham?

Program Kampus Merdeka

1. Kampus Mengajar

Bantu peningkatan kualitas pendidikan dasar dengan terlibat langsung pada proses pengajaran di sekolah-sekolah yang berlokasi di seluruh daerah di Indonesia.

2. Magang

Dapatkan pengalaman dunia kerja secara langsung sebagai persiapan karier atau dunia kerja.

3. MSIB

Magang dan studi independen bersertifikat dengan menjalankan proyek penelitian dengan studi kasus nyata dari para pelaku industri ternama.

Baca juga: Tim UNS Inovasi Alat Serut Bambu untuk Produksi Sangkar Burung

4. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program pertukaran mahasiswa dalam negeri yang memberikan pengalaman langsung untuk lebih memaknai keberagaman budaya nusantara.

5. Wirausaha Merdeka

Ikuti program unggulan dari berbagai Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha.

6. Indonesian International Student Mobility Awards

Program pertukaran dengan universitas lain dari seluruh dunia untuk bertukar budaya.

7. Praktisi Mengajar

Ruang kolaborasi antara Praktisi sebagai representasi industri dengan dosen Perguruan Tinggi dalam bentuk pengajaran mata kuliah agar mahasiswa lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

8. Bangkit by Google, GoTo, and Traveloka

Program kesiapan karier spesifik dengan 3 pilihan program, yaitu Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing.

Baca juga: Mahasiswa Polines Inovasi Sendok Penghitung Kalori

9. Kementerian ESDM – GERILYA

Kembangkan kompetensi di bidang energi bersih dan terbarukan melalui program Studi Independen yang diinisiasi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bagi para mahasiswa yang ingin mengetahui informasi 9 program Kampus Merdeka secara lengkap, maka bisa membuka dari laman ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com