Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Daya Tampung Jurusan Kuliah PTN dan Peminat 2022

Kompas.com - 31/10/2022, 08:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 bakal dilaksanakan Januari 2023. Calon mahasiswa bisa mulai mencari tahu daftar jurusan, daya tampung dan keketatan sebelum seleksi dibuka. 

Cara mudah mengetahui daya tampung, jurusan, dan keketatan PTN bisa melalui protal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang memuat informasi lengkap 86 PTN baik jenjang D4 hingga S1 seperti daya tampung, jurusan, dan keketatannya pada Seleksi Masuk PTN 2022 lalu.

Sidata LTMPT sendiri membagi data PTN berdasarkan 2 seleksi. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau sekarang Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT). Serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau sekarang menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). 

Baca juga: Mengenal Tes Skolastik di SBMPTN 2023, Pengganti Tes Mata Pelajaran

Lalu, bagaimana cara mengakses laman Sidata LTMPT? Berikut cara mengecek jurusan, daya tampung dan keketatan 86 PTN pada SNMPTN dan SBMPTN 2022 lalu:

1. Buka laman Sidata PTN LTMPT

Langkah pertama adalah mengunjungi laman https://ltmpt.ac.id/?mid=34 atau https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php/

2. Klik PTN yang dikehendaki

Kedua, pilih salah satu PTN atau politeknik yang akan kamu pilih untuk dilihat datanya.

Misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB), ada di nomor urut 30.

Baca juga: 8 Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia 2023, Cek Biaya Kuliahnya

3. Pilih rumpun Saintek atau Soshum

Dalam layar, akan ada 2 bar tertulis saintek dan soshum.

Jika kamu tertarik memilih prodi soshum, tinggal klik soshum dan cari prodi yang kamu inginkan. Begitu juga jika prodi atau jurusan pilihanmu adalah soshum.

4. Klik Program Studi

Ketika kamu klik program studi atau jurusan yang diminati, maka tampilan layar akan menayangkan informasi lengkap program studi tersebut.

Misalnya, jika kamu minat Prodi atau jurusan Farmasi Universitas Airlangga (Unair) maka saat kamu klik akan muncul data daya tampung tahun 2022, jenjangnya apakah vokasi atau sarjana.

Baca juga: 6 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik Indonesia 2023 dan Biaya Kuliahnya

5. Scroll ke bawah untuk melihat data rinci

Cobalah scroll ke bawah untuk mendapatkan informasi program studi atau jurusan, sebaran minat, daya tamping, keketatan, dan serta kriteria SMTA.

Apa itu STMA? SMTA adalah kepanjangan dari Sekolah Tingkat Menengah Atas. Dalam hal ini adalah SMA, SMK, dan MA.

Biasanya, saat melihat laman Sidata baik untuk SBMPTN atau SNMPTN, SMTA dicantumkan sebagai syarat jurusan di SMA/MA/SMK yang bisa daftar pada program studi yang ditawarkan oleh kampus.

Misalnya, saat kamu memilih prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak di Institut Teknologi Bandung (ITB), maka kamu akan melihat "Syarat SMTA", klik, dan akan muncul siswa dari jurusan SMK atau SMA tertentu yang bisa mendaftar di prodi ini.

Termasuk saat mengikuti SBMPTN atau SNBT 2023, kamu juga bisa melihat tingkat keketatan (dalam bentuk persentase) dan daya tampung selama 6 tahun terakhir.

Itulah 5 cara melihat daya tampung, jurusan, keketatan PTN buat referensimu saat mengikuti seleksi PTN 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com