Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Ilham, Putra Tukang Pijat Jadi Mahasiswa Terbaik Nasional 2022

Kompas.com - 14/10/2022, 16:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - “Percaya segala sesuatu yang kita impikan itu akan berhasil. Cuma prosesnya itu pasti ada. Tapi kalau kita belum sampai di tujuan, bukan berarti kita gagal. Tapi, Tuhan melihat kita yakin atau tidak dengan yang kita impikan."

Itulah pesan Ilham Muhammad, mahasiswa semester 7 Teknik Geologi Universitas Diponegoro (Undip) yang berhasil menjadi mahasiswa terbaik Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2022. Sebuah ajang talenta bergengsi di kalangan mahasiswa se-Indonesia.

Bagi Ilham, prestasi yang dicapainya ini bukanlah perjuangan dalam semalam. Sebab, semua bermula bahkan sebelum ia duduk di bangku kuliah.

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

Mencari beasiswa untuk ringankan beban orangtua

Berasal dari keluarga yang sederhana, Ilham berinisiatif mencari beasiswa penuh untuk meringankan beban kedua orangtua.

Ayah Ilham merupakan tukang pijat yang memiliki pendapatan kurang lebih Rp 1 juta per bulan dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Ilham pun berjuang untuk bisa mendapatkan beasiswa penuh.

Hingga akhirnya, ia terpilih menjadi penerima beasiswa penuh Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN). Beasiswa ini termasuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan tiap semester, uang bulanan, dan asrama.

Ilham sangat bersyukur bisa menerima beasiswa penuh tersebut karena cobaan datang menimpa perekonomian keluarganya.

Pasalnya, pendapatan ayahnya yang sebelumnya kurang lebih Rp 1 juta per bulan, terus berkurang saat pandemi Covid-19 datang di penghujung tahun 2020.

Ilham sangat bersyukur karena selain biaya pendidikan, ia juga memperoleh tempat tinggal di asrama yang tidak jauh dari kampusnya.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Di dalam asrama tersebut, Ia mendapat didikan menjadi mahasiswa yang berintelektual, berdaya saing, berkarakter, berjiwa kepemimpinan, serta menerapkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Di asrama saya juga diajarkan untuk bisa menjadi seseorang yang ahli di bidang tertentu. Teman saya, ada yang ahli organisasi, ada yang suka riset. Selanjutnya, saya lihat, value proposition atau jalan dakwah apa yang bisa saya ambil. Jadi, saya ambil mahasiswa berprestasi ini sebagai jalan dakwah,” tambah Ilham dalam keterangannya, dilansir dari Puspresnas.

Ilham Muhammad, Juara Pilmapres 2022 yang Meraih 62 Prestasi Nasional dan InternasionalDok. Puspresnas Ilham Muhammad, Juara Pilmapres 2022 yang Meraih 62 Prestasi Nasional dan Internasional

Raih 62 prestasi nasional dan internasional

Perjuangan Ilham tak berhenti walau telah mendapat beasiswa. Ia bercerita kalau dirinya masih melewati banyak jatuh dan bangun.

Beberapa kali Ilham gagal dan hampir menyerah, sampai bingung apa yang ingin dilakukan ke depannya. Namun, ia selalu berusaha mengingat prinsip yang selama ini dipegangnya.

“Ketika kita punya targetkan, percayalah itu punya garis start dan garis finish-nya. Nah, cuma gimana kita bisa sampai garis finish-nya. Karena terkadang orang, baru sampai di tengah-tengah itu mereka udah nyerah. Nah, itu point pentingnya. Segala sesuatu itu pasti ada garis finis-nya. Jarak antara kemenangan itu pasti dekat banget,” ujar Ilham.

Baca juga: Beasiswa Unggulan 2022 Kemendikbud Dibuka, Mahasiswa S1-S3 Segera Daftar

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com