Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar IPB: Ini Cara Pilih Telur yang Baik dan Sehat

Kompas.com - 09/10/2022, 21:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen IPB dari Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan, Dr. Trioso Purnawarman menyampaikan beberapa informasi terkait pemilihan dan penanganan telur konsumsi yang baik dan sehat.

Menurut Trioso, telur dapat disiapkan dalam berbagai bentuk olahan, harganya relatif murah, sangat mudah diperoleh di pasar atau supermarket, dan selalu tersedia setiap saat.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Ketersediaan telur yang selalu ada dan mudah diperoleh ini, harus diimbangi dengan pengetahuan masyarakat tentang penanganan telur.

Tujuannya, kata dia, untuk memperlambat penurunan kualitas atau kerusakan telur.

"Penanganan telur yang baik dan sehat yang harus dilakukan oleh masyarakat yakni memastikan bentuk telur normal, tidak retak, tidak ada kotoran yang menempel, serta ketika kita raba cangkang telur licin tidak kasar," ucap dia dalam keterangannya dari laman IPB, Minggu (9/10/2022).

Untuk menyimpan telur dengan benar, dia mengaku dengan cara ini bisa dilakukan.

Yakni, telur terlebih dahulu disortir, dipisahkan antara telur yang bersih, dengan yang kotor dan retak.

Baca juga: Cerita Katherine, Mahasiswa yang Lulus Kuliah dari 2 Kampus Sekaligus

Telur yang kotor, sambung dia, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan.

"Telur yang retak sebaiknya dibuka kemudian dimasukkan ke dalam plastik selanjutnya disimpan ke dalam lemari pendingin," ungkap dia.

Dia menegaskan, tata cara peletakan telur yang benar sebaiknya meletakkan ujung lancip telur di bagian bawah dan ujung tumpul di bagian atas.

Karena, bagian ujung tumpul mempunyai kantong udara sehingga jika terbalik meletakkannya dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas telur.

"Masa penyimpanan telur yang tidak dicuci bertahan sampai 30 hari. Telur yang dicuci hanya akan bertahan sampai 15 hari, karena terjadi proses penguapan sehingga lebih cepat membusuk dan mengalami penurunan bobot," ujar Dr. Trioso.

Dr. Trioso juga menyampaikan tips perebusan telur yang baik dan sehat, sehingga kandungan gizi di dalam telur tidak mengalami penurunan.

Yaitu, air dipanaskan terlebih dahulu sampai mendidih, baru kemudian masukkan telur.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

"Angkat telur terlebih dahulu sebelum mematikan kompor agar waktu pemasakan sesuai dengan yang kita inginkan. Perebusan telur yang baik dan aman yakni membutuhkan waktu masak sekitar 7 menit," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com