Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Beasiswa Penuh S1-S3 di Bulan September-Oktober 2022, Segera Daftar

Kompas.com - 06/09/2022, 09:58 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kesempatan untuk menimba ilmu dengan beasiswa pendidikan ke luar negeri semakin terbuka lebar bagi generasi muda, termasuk para pelajar Indonesia.

Banyak program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan yayasan luar negeri guna membantu mencerdaskan anak bangsa, menjalin kerja sama antar negara, dan mendukung generasi muda yang profesional dengan ilmu yang mumpuni.

Program beasiswa yang diberikan mulai jenjang SMA sederajat, S1, S2, hingga S3. Setiap negara juga memberikan cakupan beasiswa yang berbeda-beda.

Berikut sejumlah program beasiswa ke luar negeri yang memberikan beasiswa penuh, dilansir dari Bimbingan Studi ke Luar Negeri Schoters Indonesia.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2023 Dibuka, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

1. Global Korea Scholarship (KGSP)

Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional. Dirilis dari laman resminya, KGSP menyediakan beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan Penelitian untuk Dosen Pasca Doktoral.

Beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, biaya hidup, biaya penelitian, tunjangan kemampuan berbahasa Korea, biaya pelatihan bahasa Korea, asuransi kesehatan, biaya pencetakan tesis atau disertasi, dan tunjangan persiapan kembali ke negara asal.

Batas waktu pendaftaran sekitar September-Oktober 2022. Info selengkapnya: https://www.studyinkorea.go.kr/in/main.do

Baca juga: Cek 3 Program Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat LoA, Tertarik Daftar?

2. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) scholarship

Program beasiswa KAIST merupakan beasiswa yang didanai penuh oleh pemerintah Korea. Beasiswa ini diberikan untuk siswa internasional dengan tujuan studi ke Korea Selatan untuk program S2 dan S3.

Sebagai informasi, KAIST merupakan salah satu kampus bergengsi di Korea. Kampus tersebut memegang predikat sebagai kampus teknik terbaik di Korea Selatan. Bagi peserta yang lulus dalam beasiswa ini, diberikan beasiswa penuh termasuk biaya kuliah penuh, tunjangan bulanan, dan asuransi kesehatan.

Batas waktu pendaftaran pada 15 September 2022. Info selengkapnya: https://scholarshiproar.com/kaist-university-scholarship/

Laksono Hari Malaysia merupakan salah satu negara tujuan pendidikan tinggi dunia yang mulai banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia. Dibandingkan dengan negara tujuan pendidikan lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia, biaya hidup di Malaysia terbilang terjangkau.

Baca juga: Intip 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

3. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST didirikan pada tahun 2009, yang telah menjadi salah satu universitas sains dan teknologi terkemuka di dunia. Beasiswa UNIST diberikan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Korea Selatan. Namun, pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar satu program saja.

Peserta yang lulus akan diberikan beasiswa biaya kuliah penuh menyangkut biaya transportasi (tiket pesawat), asuransi kesehatan, biaya uang kuliah dan uang pendaftaran, uang saku bulanan dan uang saku kedatangan, bantuan biaya kursus bahasa, penelitian, dan pencetakan tesis, serta bonus untuk kelulusan dan profisiensi bahasa Korea.

Batas waktu pendaftaran pada 13 Oktober 2022. Info selengkapnya: https://admg-intl.unist.ac.kr/study-at-unist/scholarships/

Baca juga: 5 Persiapan untuk Tingkatkan Peluang Lolos Beasiswa Luar Negeri

4. Gwangju Institute of Science and Technology (GIST)

Program beasiswa GIST diberikan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Korea Selatan. Gelar S2 yang ditawarkan adalah Master of Science (MS) dan gelar S3 Doctor of Philosophy (PhD).

Beasiswa yang diberikan meliputi bantuan biaya kuliah, uang saku bulanan, biaya transportasi ke Korea, akomodasi di asrama kampus, bantuan biaya asuransi kesehatan, dan dana penelitian.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com