Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Ayunda Hadiri Pertemuan Education Working Group G20 di Bali

Kompas.com - 02/09/2022, 16:50 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Maudy Ayunda selaku Tim Juru Bicara Presidensi G20 mendukung Indonesia dan dunia dalam mengimajinasikan kembali dan memulihkan sektor pendidikan global di Pertemuan Keempat Kelompok Kerja Pendidikan G20 (G20 Education Working Group/EdWG) di Bali, Rabu (31/8/2022).

Maudy mengatakan, dibalik disrupsi akibat pandemi Covid-19, terdapat kesempatan dunia untuk mengimajinasikan kembali kebijakan sektor pendidikan sekaligus memperkuat kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan.

Pengalaman ini, tambah Maudy, memberikan sebuah kebanggaan bagi Indonesia untuk melihat negara-negara G20, negara undangan khusus, dan organisasi internasional bekerja sama dalam meningkatkan kualitas serta memperluas akses terhadap pendidikan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

“Saya sungguh berharap capaian hasil kerja yang mana berupa laporan dan dokumen kompendium ini dapat diakses seluas-luasnya oleh seluruh pemangku kepentingan dalam sektor pendidikan, serta masyarakat dunia," ujarnya dalam keterangan tertulis Kemendikbudristek.

Dengan demikian, imbuh Maudy, pemulihan kebijakan pendidikan dan program kerjanya dapat dengan cepat dicapai.

"Selain itu, dengan akan dibawanya hasil ini ke pertemuan Transformation Education Summit (TES) PBB, capaian hasil kerja ini dapat menjadi referensi dunia dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas bagi semua orang,” tutup Maudy.

Sebagai informasi, Maudy Ayunda pertama kali ditunjuk langsung menjadi juru bicara (jubir) pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia pada Maret 2022 lalu.

Baca juga: Annyeonghaseyo, Ini 5 Kampus Terbaik Korea Selatan dan Beasiswanya

Maudy Ayunda Hadiri Pertemuan Education Working Group G20 di BaliDok. Kemendikbud Ristek Maudy Ayunda Hadiri Pertemuan Education Working Group G20 di Bali

Menteri Komunikasi dan Informatika dan Komunikasi (Menkominfo) Jhonny G Plate menyampaikan penunjukkan Maudy Ayunda tersebut secara daring, Kamis (31/3/2022).

Maudy Ayunda ditunjuk sebagai Jubir Presidensi G20 Indonesia bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan komunikasi publik terkait G20 Indonesia. Pasalnya, Maudy menguasai sejumlah bahasa asing sehingga dapat membantunya melaksanakan tugasnya sebagai jubir.

Penunjukkan Maudy yang merupakan bagian dari anak muda berbakat di Indonesia juga dimaksudkan untuk menjangkau generasi milenial dan generasi Z agar turut serta dalam momentum G20.

Firzha Yuni Ananda Putri Bagaimana sosok Jesse Jiseok Choi suami Maudy Ayunda?

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU).

G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali.

Anggota G20 adalah negara maju dan negara berkembang yang memiliki tingkat pendapatan menengah dan tinggi Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

G20 tidak memiliki pemimpin atau ketua tetap, karena kepemimpinan dijalankan fungsi presidensi yang dipegang salah satu negara anggota selama satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com