Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 15:59 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) Wawan Mas’udi meluncurkan Learning Management System Fisipol Online Campus (LMS Focus).

Inovasi ini menjadi sistem pembelajaran daring yang dibentuk untuk memberikan akses perkuliahan gratis kepada publik.

Wawan mengatakan, LMS Focus bisa menjadi wadah pembelajaran secara mandiri melalui metode hibrid antara daring dan luring serta memadukan pembelajaran sinkron dan asinkron.

Menurutnya, LMS Focus merupakan inovasi baru yang dikembangkan Fisipol UGM bekerja sama dengan alumni.

Baca juga: Intip 8 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari Perusahaan

Keunggulan LSM Focus UGM

Wawan menerangkan, pengembangan ini LSM Focus dilakukan untuk menghadirkan sebuah sistem pendidikan dan pembelajaran bersifat inklusif, menjangkau semua kalangan, adaptif, fleksibel dan lincah.

"Semua perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan tersebut. Karenanya kita juga harus siap dengan segala perubahan itu dari sisi akademik dan praktis," urai Wawan seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (10/8/2022).

Peluncuran Fisip UGM ini disaksikan secara daring oleh Menteri Sekretaris Negara Menteri Sekretaris Negara Prof. Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, platform sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM sangat relevan pada kondisi saat ini di tengah dunia menghadapi disrupsi teknologi digital.

"Disrupsi saat ini sudah terjadi di bidang media, lalu kesehatan dan lebih jauh lagi di bidang lainnya. Kita tidak ingin potensi digitalisasi di Indonesia ini justru gagal. Kita bisa optimalkan untuk bangsa kita sendiri," papar Erick.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Australia, Bisa Bebas Biaya Kuliah

Perguruan tinggi harus berinovasi di era digital

Erick Tohir menyampaikan, setiap perguruan tinggi harus bisa berinovasi dan bertransformasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital agar Indonesia bisa berdaulat dalam ekosistem digital di negeri sendiri.

Erick Tohir juga berpesan jangan sampai potensi ekonomi digital itu dinikmati segelintir masyarakat orang sehingga menjadikan kesenjangan semakin lebar.

"Sekali lagi, saya mengapresiasi platform LMS Focus sebagai wadah pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran mandiri dan aktif secara hibrid," katanya.

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Prof. Pratikno turut mengapresiasi inisiatif Fisipol UGM yang mengembangkan model pembelajaran bisa diakses oleh publik.

Baca juga: Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Unpad-ITB Diperpanjang, Yuk Daftar

LSM Focus memiliki fleksibilitas waktu dan tempat

Pratikno menilai banyak sekali anak muda di Indonesia yang mau kuliah di UGM. Namun keterbatasan kursi yang menjadikan mereka gagal masuk UGM.

"Tidak berarti mereka tidak mampu. Keterbatasan kursi yang membatasi mereka," ucap Pratikno.

Menurutnya sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM ini bisa membuka akses bagi mahasiswa maupun publik untuk kuliah secara luring dan daring serta memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas waktu dan tempat.

Disamping itu, Pratikno berharap dalam kurikulum pembelajaran Focus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perubahan jenis pekerjaan yang terjadi sekarang ini.

Baca juga: PT Soechi Lines Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3/S1 Fresh Graduate

Mahasiswa saat ini menghadapi disrupsi luar biasa yang menyebabkan jenis pekerjaan berubah. Ada jenis pekerjaan yang hilang dan ada pekerjaan baru yang muncul.

"Sejauh mana kurikulum kita mampu beradaptasi dengan dunia yang selalu berubah lebih cepat. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga begitu. Teori saja bisa menjadi usang dan muncul teori baru. Sehingga dibutuhkan kesiapan anak muda menghadapi perubahan tersebut," pungkas Pratikno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com