Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Kalla 2022 untuk Mahasiswa Baru S1, Dibiayai sampai Lulus

Kompas.com - 03/08/2022, 15:26 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Hadji Kalla kembali membuka Program Beasiswa Kalla 2022 bagi mahasiswa yang berprestasi namun mempunyai keterbatasan kemampuan ekonomi.

Beasiswa Kalla 2022 difokuskan untuk sepenuhnya membantu para calon Mahasiswa Baru yang baru akan memulai pendidikan tingginya di tahun 2022.

Manager Bidang Pendidikan Yayasan Hadji Kalla, Suharto Parai menjelaskan, selain prestasi akademik, program beasiswa ini juga memiliki kategori lain.

"Selain berprestasi akademik, program ini juga memiliki kategori lain seperti berprestasi di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Qur’an, aktivis organisasi pemuda dan pelajar, serta dari kalangan penyandang disabilitas," ungkapnya dilansir dari laman Yayasan Hadji Kalla.

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Untuk tahun 2022 ini, dialokasikan sebanyak 270 orang penerima Beasiswa Kalla. Pendaftaran dibuka hingga 28 Juni-19 September 2022.

Suharto Parai berharap, dengan adanya Beasiswa Kalla ini, maka akan semakin banyak mahasiswa terbantu.

“Kita juga berharap dengan beasiswa ini, para mahasiswa, para calon pemimpin masa depan di Indonesia semakin semangat untuk terus belajar dan berkembang, punya daya saing dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik. Yayasan Hadji Kalla siap membantu dengan program Beasiswa Kalla, bukan Cuma beasiswa, namun kita juga akan berikan mereka pembinaan-pembinaan lanjutan, penguatan kapasitas, hingga kesempatan untuk mengabdi di desa binaan kita, mengajarkan mereka membangun empati sosial dengan interaksi langsung dengan masyarakat di pelosok,” jelas Suharto.

Cakupan beasiswa

Memberikan bantuan dana UKT (Uang Kuliah Tunggal) hingga semester kedelapan. Dengan kata lain, beasiswa ini akan diberikan hingga lulus di tahun keempat.

Program peningkatan kapasitas kepemimpinan bagi mahasiswa yang lolos dalam program ini.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Kuliah dan Hidup? Daftar Beasiswa Pertamina 2022

Syarat pendaftar

Beberapa persyaratan umum terkait Beasiswa Kalla, di antaranya:

  1. Merupakan mahasiswa semester 1 (pertama) dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemendikbudristek 2022 atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.
  2. Pendaftar berasal dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.
  3. Berprestasi akademik (Nilai Rapor 7.50) atau non-akademik (Hafidz Al-Quran, bidang olahraga (atlet), bidang seni, aktivis organisasi, dan kelompok disabilitas.
  4. Pendaftar tidak mendapatkan beasiswa yang serupa dari lembaga lain, dan terakhir.
  5. Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Pendaftaran

Calon pendaftar bisa melakukan pendaftaran secara daring melalui website resmi kami di www.yayasanhadjikalla.co.id/educare 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com