Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kursus Setahun di LKP Bisa Langsung Kerja

Kompas.com - 11/07/2022, 14:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan SMA/SMK/sederajat yang tidak melanjutkan kuliah, maka bisa ikut lembaga kursus dan pelatihan (LKP).

Harapannya nanti bisa segera mendapatkan pekerjaan usai selesai ikut LKP. Atau juga bisa membuka usaha sendiri jadi wirausaha.

Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Graha Wisata Hotel School, yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Ditjen Diksi: Ini 5 Manfaat Ikut Kursus

Meski menyajikan waktu kursus singkat hanya satu tahun, namun lembaga ini mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Bahkan, selesai kursus juga dijamin bekerja sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Sabtu (9/7/2022), ada beberapa program yang ditawarkan LPP tersebut.

Yakni perhotelan dan kapal pesiar, airliness staff, culinary arts, sekretaris, public relation, serta komputer akuntansi.

Skill benar-benar diasah

Selama mengikuti kursus, skill yang dibutuhkan di dunia kerja bakal benar-benar diasah oleh Graha Wisata melalui pelatihan materi teori maupun praktik.

Tak hanya itu saja, peserta didik juga diberikan tambahan pengetahuan yang dapat mengasah skill, mental, karakter, dan attitude sehingga membentuk lulusan siap kerja.

Menurut Septian Edo selaku pengelola Graha Wisata, instrukturnya sebagian besar dari kalangan praktisi profesional. Yaitu orang-orang yang andal di bidang perhotelan, kapal pesiar, maskapai penerbangan, kuliner ataupun perbankan.

Baca juga: 9 Tips Memilih Baju agar Dilirik HRD, Info bagi Fresh Graduate

"Kami memahami bahwa cara paling baik untuk mempelajari skill baru adalah melalui bimbingan langsung dari ahlinya," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Diksi.

Selain tenaga pengajar yang mumpuni, Graha Wisata juga melengkapi sarana pembelajaran praktik yang sudah sesuai dengan dunia industri, di antaranya adalah laboratorium housekeeping, bar, resto, kitchen, dan FO.

Itu semua ada untuk mendukung proses belajar. Bahkan, sebelum memasuki dunia kerja yang sebenarnya, peserta didik juga diberikan kesempatan untuk magang di industri selama 6 bulan.

"Selain menambah ilmu, magang juga dapat menjadi gambaran bagi peserta didik tentang dunia kerja yang akan dijalaninya setelah lulus," imbuh Septian.

Kerja sama dengan Malaysia

Di samping itu, pihaknya juga membangun kerja sama dengan sejumlah pihak, salah satunya dengan Lembaga Pendidikan Vokasi Perhotelan World Skill Academy (WSA) Malaysia.

Direktur LPP Graha Wisata, Heny Yuliastuti mengatakan, program tersebut memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya melalui magang peserta didik di sejumlah hotel berbintang lima di Malaysia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com