Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan untuk Diet, Mahasiswa Bisa Coba

Kompas.com - 19/06/2022, 21:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak jenis makanan yang dijual di pasaran. Jika tak bisa mengontrol nafsu makan, maka mendorong untuk ingin makan atau ngemil.

Imbasnya, tubuh menjadi tidak ideal atau bisa kelebihan berat badan. Maka dari itu, penting sekali menjaga pola makan sehat agar tubuh ideal.

Jika tidak bisa menjaga pola makan sehat, maka nanti akan kelebihan berat badan. Hal ini akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Ners Unair: Ini 3 Jenis Makanan Penyebab Kanker Usus Besar

Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Jika kamu ingin kurus atau menjalankan diet sehat, maka harus memilih makanan diet yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Sebenarnya ada banyak makanan untuk diet sehat yang dapat kamu konsumsi. Namun, beberapa makanan diet sehat di bawah ini mungkin bisa jadi referensi kamu, terlebih dapat dicoba oleh pelajar atau mahasiswa.

Merangkum dari laman resmi Universitas Medan Area (UMA), ini 5 makanan untuk diet sehat:

1. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang ketika sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan.

Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat.

Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Ini artinya, Anda bisa jadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit, Info STMIK Muhammadiyah Jakarta

Apel juga punya tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga aman bagi Anda yang memiliki diabetes, namun ingin mengendalikan berat badan.

2. Brokoli

Sayuran brokoli bisa sebagai salah satu makanan diet sehat. Hal ini karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral.
Adapun satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu Anda kenyang seharian.

Tak hanya itu saja, pada orang dengan diabetes, sayur jenis ini mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Jadi, makan brokoli sebanyak-banyaknya juga tidak akan bikin gula darah Anda naik.

3. Putih telur

Sedang makanan untuk diet lainnya ialah putih telur. Biasanya putih telur dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai menu diet sehat. Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet Anda.

Baca juga: Kerupuk Bikin Gemuk dan Hipertensi, Ners Unair: Ini Cara Makannya

Dalam 100 gram putih telur saja terdapat protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tak perlu khawatir makanan ini akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com